Selasa, 16 Desember 2014

[Indonesia] Getuk



Saya selalu kagum atas hasil fotografi kulinari seperti ini. Kue yang ada di foto ini pun nampak sangat menggoda :) mama timun, terima kasih atas kiriman kartu posnya ya :) pempeknya diambil sendiri di Palembang, oke! :D



Aha, yang satu ini salah satu makanan tradisional. Getuk namanya yang merupakan hidangan Jawa sederhana yang terbuat dari singkong. Singkong dikupas kulitnya, rebus dan tumbuk. Kemudian dicampur dengan kelapa parut, gula dan sejumlah kecil garam. Gula juga bisa diganti dengan gula aren untuk memberikan warna kecoklatan dan rasa yang lebih khas.

Metode lain untuk membuat gethuk adalah dengan menggiling dengan penggiling daging dan potong menjadi kubus. semacam ini getuk juga dikenal sebagai getuk lindri. Sementara grinding mentega, gula, garam, dan kadang-kadang juga susu bubuk, vanili, dan pewarna makanan ditambahkan. Biasanya dijual oleh penjual yang terjadi di sekitar lingkungan di Jawa Timur. Dulu tahun 2005 ke Magelang kok ya nggak cicip ya? hiks, oke sip harus balik lagi ke Magelang :) mbak Uniek, makasih yaaa :)

1 komentar: