Selasa, 16 Desember 2014

[United States of America] Raymond Chandler




Raymond Thornton Chandler (23 Juli 1888 - 26 Maret 1959) adalah seorang novelis Amerika dan penulis skenario. Pada tahun 1932, pada usia empat puluh empat, Chandler memutuskan untuk menjadi seorang penulis fiksi detektif setelah kehilangan pekerjaannya sebagai seorang eksekutif perusahaan minyak selama Depresi Besar. Cerita pendek pertamanya, "pemeras Jangan Tembak", diterbitkan pada tahun 1933 di Black Mask, sebuah Pulp Fiction populer. Novel pertamanya, The Big Sleep, diterbitkan pada tahun 1939. Selain cerita pendek, Chandler menerbitkan tujuh novel selama hidupnya (kedelapan berlangsung pada saat kematiannya diselesaikan oleh Robert B. Parker). Semua kecuali Playback telah dibuat menjadi film, beberapa beberapa kali. Pada tahun sebelum ia meninggal, ia terpilih sebagai presiden Penulis Misteri Amerika. Ia meninggal pada tanggal 26 Maret 1959, di La Jolla, California. 

Chandler memiliki pengaruh besar pada gaya sastra populer Amerika, dan dianggap oleh banyak orang sebagai pendiri, bersama dengan Dashiell Hammett, James M. Cain dan penulis Black Mask lain, sekolah rebus fiksi detektif. Protagonis nya, Philip Marlowe, bersama dengan Hammett Sam Spade, dianggap oleh beberapa orang untuk menjadi identik dengan "detektif swasta," baik yang telah dimainkan di layar oleh Humphrey Bogart, yang banyak dianggap sebagai klasik Marlowe.

Beberapa novel Chandler dianggap karya sastra yang penting, dan tiga sering dianggap karya: Perpisahan, My Lovely (1940), The Little Sister (1949), dan The Long Selamat tinggal (1953). Long Selamat tinggal dipuji dalam antologi cerita kriminal Amerika sebagai "bisa dibilang buku pertama sejak Hammett The Glass Key, menerbitkan lebih dari dua puluh tahun sebelumnya, untuk memenuhi syarat sebagai sebuah novel utama yang serius dan signifikan yang kebetulan memiliki unsur misteri". Elisa, terima kasih atas kartu posnya :) BW! saya suka ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar