Jumat, 15 November 2013

[Cambodia] Cahaya Jingga di Angkor Wat



Angkor Wat adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Komplek candi ini dibangun oleh Raja Suryawarman II di pertengahan abad ke-12. Pembangunannya sendiri memakan waktu hingga 30 tahun! Raja Suryawarman II memerintahkan pembangunan Ankor Wat mengacu kepercayaan Hindu yang menggabungkan dua rencana dasar arsitektur Kerajaan Khmer yakni Gunung Candi dan Kuil Galleried dan dirancang untuk mewakili Gunung Meru, rumah para dewa dalam mitologi Hindu.

Angkor Wat berarti "Kuil Kota". Wat sendiri berarti Kuil dan Angkor adalah kota dimana kuil ini berada. Angkor Wat juga dikenal sebagai City of Temples. Sebelumnya nama asli candi ini adalah Preah Pisnulok atau Vishnuloka yakni tempat dewa Wisnu bersemayam. Uniknya, kuil Hindu ini sudah dialihfungsikan menjadi kuil Buddha dan dipelihara dan digunakan terus menerus ketika agama Buddha menggantikan agama Hindu di Angkor pada abad ke-13. Kuil ini juga pernah dijajah Siam (Thailand) pada tahun 1431.

Angkor Wat adalah contoh utama gaya klasik arsitektur Khmer. Arsitek Khmer di abad ke-12 sudah memiliki keahlian dan kepercayaan diri dalam menggunakan batu pasir sebagai material pembangunan utama. Sebagian besar kawasan candi menggunakan blok batu pasir sementara laterit digunakan untuk dinding luar dengan bentuk bagian struktural tersembunyi. Bahan perekat yang digunakan konon mengandung resin atau kalsium hidroksida alami.

Dikarenakan berbagai hal itulah, Angkor Wat menuai pujian berkat harmoni desain tersebut yang dianggap setara dengan arsitektur Yunani dan Romawi Kuno. Angkor Wat juga dilindungi oleh UNESCO dan ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia di tahun 1992. Luar biasa! saya mendapatkan kartu pos ini dari Fajar saat beliau bersama teman-temannya menjelajahi tempat tersohor yang bahkan pernah didatangi oleh Angelina Jolie untuk syuting film Tomb Raider ini. :)

Updated on April 1st, 2014




Hampir satu tahun sejak saya menerima kartu pos bergambar Angkor Wat yang pertama, akhirnya saya menerima kiriman kartu pos Angkor Wat lagi yang memperlihatkan sisi lain Angkor Wat. Kartu ini dikirimkan oleh Winny yang sedang melancong ke Kamboja. Uniknya kartu pos ini dikirim dari negeri tetangganya Kamboja yakni Bangkok, Thailand :) Winny, sekali lagi terima kasih ya atas kartu posnya. Sukaaaaa!!!! Jadi kepingin melihat Angkor Wat langsung >.< ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar