Jumat, 24 Oktober 2014

[Indonesia] Beautiful Forrest in Kendal



Kabupaten Kendal adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kendal dan masuk dalam wilayah Kedangsapur. Kendal dikenal sebagai kota santri karena terdapat ribuan pondok pesantren terutama di Kecamatan Kaliwungu yang juga dikenal dengan kota seni dan buaya. Uniknya, nama Kendal diambil dari nama sebuah pohon, yakni Pohon Kendal.

Awal mulanya, tidak ada yang tahu asal usul nama pohon tersebut. Namun ketika Pakuwojo bersembunyi di pohon itu dan seketika pohon terang benderang lalu dinamakan Pohon Qondhali yang artinya Penerang. Hingga kemudian berubah menjadi Kendal. Pohon berdaun rimbun ini sudah dikenal sejak masa Kerajaan Demak pada tahun 1500-1546 tepatnya pada masa pemerintahan Sultan Trenggono. Pada awal pemerintahannya di tahun 1521, Sultan Trenggono pernah memerintah Sunan Katong untuk memesan pusaka kepada Pakuwojo.

Peristiwa ini menimbulkan pertentangan dan mengakibatkan kematiannya tercatat dalam sebuah prasasti. Bahkan hingga sekarang, makam kedua tokoh tersebut dikeramatkan secara luas. Mbak Rini, ayeeey, kartu posnya cakep bener. Mengingatkanku perjalanan ke desa Kedaton akhir tahun 2013 lalu. Terima kasih banyak ya mbak :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar