Jumat, 24 Oktober 2014

[Indonesia] Tugu Digulis



Tugu Digulis atau yang bernama lengkap Monumen Sebelas Digulis Kalimantan Barat dikenal juga dengan nama Tugu Bambu Runcing atau Tugu Bundaran Untan oleh warga setempat. Ini adalah monumen yang terletak di Bundaran Universitas Tanjungpura, kota Pontianak. Monumen ini diresmikan oleh Gubernur Kalimantan H.Soedjiman pada 10 November 1987.

Awalnya tugu ini berbentuk sebelas tonggak menyerupai bambu runcing yang berwarna kuning polos. Pada tahun 1995, monumen ini dicat ulang dengan warna merah-putih hingga pada tahun 2006 direnovasi lagi sehingga benrbentuk seperti sekarang ditambah lagi hiasan air mancur sehingga makin nampak indah.

Monumen ini didirikan sebagai peringatan atas perjuangan sebelah tokoh Sarekat Islam di Kalimantan Barat
yang dibuang ke Boven Digoel, Irian Barat karena khawatir pergerakan mereka akan memacu pemberontakan terhadap pemerintahan Hindia Belanda. Tiga dari sebelas tokoh tersebut meninggal pada saat pembuangan di Boven Digoel dan lima diantaranya wafat dalam Peristiwa Mandor. Kesebelas tokoh tersebut kini diabadikan sebagai nama jalan di kota Pontianak. Wow, sebuah tugu pun dapat menyimpan sejarah pembuatan yang panjang. Epifiana, yeaay, terima kasih kartu posnya ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar