Selasa, 28 Oktober 2014

[Vietnam] Ha Long Bay



Ha Long Bay adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, dan tujuan wisata populer, di Quang Ninh Province, Vietnam. Secara administratif, teluk milik Ha Long City, Cam Pha kota, dan bagian dari Vân Djon District. Teluk ini memiliki ribuan karst batu kapur dan pulau-pulau dalam berbagai ukuran dan bentuk. Ha Long Bay adalah pusat dari zona yang lebih besar yang mencakup Bai Tu Long bay ke timur laut, dan Cat Ba pulau di barat daya. Zona yang lebih besar berbagi geologi yang sama, geografis, geomorfologi, iklim, dan karakter budaya.

Ha Long Bay memiliki luas sekitar 1.553 km2, termasuk 1,960-2,000 pulau, yang sebagian besar adalah batu kapur. Inti dari teluk memiliki luas 334 km2 dengan kepadatan tinggi 775 pulau. Batu kapur di teluk ini telah melalui 500 juta tahun pembentukan dalam kondisi dan lingkungan. Evolusi karst di teluk ini telah terjadi 20 juta tahun di bawah pengaruh iklim tropis basah. Geo-keragaman lingkungan di daerah tersebut telah menciptakan keanekaragaman hayati, termasuk evergreen tropis, biosistem dan pantai laut biosystem. Ha Long Bay adalah rumah bagi 14 spesies bunga endemik dan 60 spesies fauna endemik. Yuk kita intip teluk cantik ini :)


Survei penelitian sejarah telah menunjukkan keberadaan manusia prasejarah di daerah ini puluhan ribu tahun yang lalu. Budaya kuno berturut-turut adalah budaya Soi Nhu sekitar 18,000-7000 SM, budaya cai Beo 7000-5000 SM [6] dan budaya Ha Long 5,000-3,500 tahun yang lalu [7] Ha Long Bay juga ditandai. Peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Vietnam dengan banyak artefak yang ditemukan di Bai Tho Mount, Djau GO Cave, Bai Chay.

500 tahun yang lalu, Nguyen Trai memuji keindahan Ha Long Bay di syairnya Lo nhập Vân Djon, di mana ia menyebutnya "keajaiban batu di langit". Pada tahun 1962, Departemen Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Utara vietnam menuliskan Ha Long Bay dalam publikasi Peninggalan Nasional dan Landscapes. Pada tahun 1994, zona inti Ha Long Bay tercatat oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia yang harus dilindungi. LUAR BIASA! Ha Long Bay adalah salah satu tempat yang paling ingin aku kunjungi di Asia Tenggara ini. Vietnam masih menduduki peringkat teratas sebagai negara yang sangat 'seksi' dari kacamataku. Mbak Fe.... thank you sooooooooo much! terima kasih banyak mbak, ini salah satu kartu pos terkeren yang aku punya! :)

4 komentar:

  1. Ahaaaiii...itu postcardnya...selalu ingat beli postcaard buat omnduut kalo jalan2..salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaa senangnyaaa :) makasih ya mbak Fe. Kalo gitu aku doakan terus semoga makin sering jalan-jalan. Terutama ke negara yang belum pernah didatangi hahaha :) amiiiinnn

      Hapus
  2. Aku juga mau Mba Fe ;) *langsung dijitak cantik
    Tapi beneran nih Mas, kartu pos ini cantik banget. Bebatuannya itu ya kayak muncul gitu aja dari air ya. Btw cara ngeblurin alamat itu pigimane caranye Mas? thks sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ;)

      Mengenai blur, mbak Uniek donlot aja dulu program Photoscape, sangaaaaaat bermanfaat :) aku sangat terbantu sama program tersebut gak hanya untuk blur :) nanti kalo donlot aku ajarin lagi :)

      Hapus