Kamis, 14 November 2013

[Australia] Uluru and The Great Barrier Reef



Di beberapa postingan kartu pos sebelumnya, saya sudah beberapa kali menulis mengenai Kangguru dan Sydney Opera House. Nah, di kartu pos ini ada dua tempat baru di Australia yang menjadi objek kartu pos ini. Yang pertama adalah Great Barrier Reef yang merupakan bagian dari Taman Nasional Michaelmas and Upolu Cays yang berada di Queensland, Australia. Taman nasional ini berada di 1.409 km arah barat laut dari kota Brisbane. Taman nasional ini terdiri dari dua gundukan kecil di Santo Michael Reef yang membentuk baguan utara-timur kompleks terumbu Arlington dalam Great Barrier Reef.

The Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terbesar di dunia. Terdiri lebih dari 2.900 terumbu individu dan 900 pulau-pulau peregangan yang berada di sepanjang 2.600 kilometer di atas lahan seluas kurang lebih 344.400 km persegi yang berada di Laut Koral, lepas pantai Queensland. Hebatnya, The Great Barrier Reef ini dapat dilihat dari luar angkasa sebagai struktur tunggal terbesar di dunia yang dibuat oleh organisme hidup! struktur terumbu karang ini terdiri dan dibangun oleh milyaran organisme kecil yang dikenal sebagai polip karang.

Hal inilah yang mendukung keanekaragaman kehidupan sehingga terpilih sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1981. The Great Barrier Reef ini juga merupakan sebagai salah satu dari Seven Wonders of The Underwater World. Kawasan ini adalah tujuan wisatawan yang sangat populer dan menjadi bagian penting dari budaya dan spiritualitas kelompok lokal. Nah selanjutnya, saya akan menuliskan sedikit informasi mengenai Uluru yang gambarnya berada di kanan bawah kartu pos ini.

Uluru atau yang juga dikenal dengan nama Ayers Rock adalah formasi batu pasir besar yang berada di bagian selatan dari Northern Territory yang ada di Australia tengah. Uluru merupakan salah satu bagian penting yang ada di Uluru-Kata Tjuta National Park. Uluru adalah bagian suci bagi Anangu, yakni wilayah yang dihuni oleh suku Aborigin. Banyak tempat yang berisi mata air, lubang air, gua batu dan lukisan kuno di kawasan ini. Di tahun 1987, taman nasional yang keren ini juga sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Orang-orang Pitjantjatjara-lah yang menyebutkan kawasan ini dengan nama Uluru untuk pertama kalinya. Walaupun dalam bahasa Pitjantjatjara, kata Uluru tidak memiliki makna khusus namun nama ini digunakan oleh keluarga lokal tradisional lama. Nah di tanggal 19 Juli 1873, surveyor William Gosse memberi nama lain Uluru sebagai Ayers Rock untuk menghormati kepala sekteraris, Sir Henry Ayers. Luar biasa! dua situs warisan dunia yang berada di satu kartu pos. Terima kasih banyak Rika a.k.a Bijo atas kartu pos yang keren ini. Sukaaa sekali :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar