Senin, 20 Oktober 2014

[Peru] Postcards From The Naked Traveler


Gurun Atacama adalah sebuah dataran tinggi di Amerika Selatan, meliputi 1.000 kilometer tanah di pantai Pasifik, sebelah barat pegunungan Andes. Ini adalah gurun non-polar terkering di dunia. Menurut perkiraan Gurun Atacama sebelumnya berukuran seluas 105.000 kilometer persegi tetapi ukurannya meningkat menjadi 128.000 kilometer persegi ketika lereng tandus yang lebih rendah disertakan. Sebagian besar gurun terdiri dari medan berbatu, danau garam (Salares), pasir, dan lava felsic yang mengalir menuju Andes.

World Wide Fund for Nature mendefinisikan ekoregion Atacama Desert membentang dari beberapa kilometer selatan dari Peru-Chili perbatasan sampai sekitar 30° Lintang Selatan. The National Geographic Society menganggap pesisir selatan Peru untuk menjadi bagian dari Atacama Desert dan juga termasuk padang pasir selatan Daerah Ica di Peru. Nah, gurun ini sebetulnya juga terdapat di beberapa negara lain (saking luasny) diantaranya Bolivia, Argentina dan Chile. Khusus yang ada di kartu pos, itu diambil di bagian Peru.



Nah kartu pos kedua ini memperlihatkan gurun pasir di Huacachina yang merupakan sebuah desa di provinsi Ica, di barat daya Peru. Kota ini terletak di Provinsi Ica, dekat kota Ica di Distrik Ica. Huacachina dibangun di sekitar danau alam kecil di padang pasir. Disebut "oasis of America," itu berfungsi sebagai resor untuk keluarga lokal dari kota terdekat dari Ica, dan semakin sebagai daya tarik bagi wisatawan yang ditarik oleh olahraga sandboarding dan mengambil dune buggy rides pada bukit pasir yang membentang beberapa ratus meter .

Legenda mengatakan bahwa laguna diciptakan ketika seorang putri asli yang indah ditangkap di bath-nya dengan seorang pemburu muda. Dia melarikan diri, meninggalkan genangan air ia telah mandi di menjadi laguna. Lipatan mantelnya, streaming di belakangnya saat ia berlari, menjadi bukit pasir sekitarnya. Dan wanita itu sendiri dikabarkan masih tinggal di oasis sebagai putri duyung.

Saat ini, pemilik tanah swasta dekat oasis telah menginstal sumur, untuk mengakses air tanah. Ini memiliki efek drastis mengurangi tingkat air di oasis. Untuk mengkompensasi kehilangan air ini, dan melestarikan oasis sebagai tujuan estetis menyenangkan bagi wisatawan, kota mulai proses artifisial memompa air ke oasis. Wilayah ini populer baik untuk dune buggying dan sandboarding.

Keren banget kedua kartu pos ini. Saya sengaja berburu edisi bertanda tangan dan memesan di internet untuk dua buku The Naked Traveler 1 Year bikinan mbak Trinity. Sayangnya, kartu pos yang saya dapatkan hanya dua. Saya pernah melihat pembeli lain mendapatkan 4 kartu pos. Untuk pecinta kartu pos seperti saya, tentu hal tersebut merugikan dan mengecewakan >.< but, terima kasih atas semua pengalamannya mbak Trinity. Suka buku dan kedua kartu pos ini. :)

3 komentar:

  1. Aku juga dapeeeet :)
    Aku juga dapet 4, Yan.... Jadi dalem 1 buku ada 2 postcard :)

    BalasHapus
  2. Tuh kan masing-masing 2 :( :( :( :(
    Satu buku yang kuterima plastik putihnya sudah terbuka mbak Dee. Sedih euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku yang kubeli juga, salah satunya udah kebuka plastiknya, Yan... Kirain itu karena ditandangani.. Biasanya klo request buku ditandatangani ama penulisnya kan plastiknya pasti dibuka.. Tapi buku yang satu lagi, plastiknya masih utuh, Yan...
      Tapi di dalamnya masing-masing ada 2 postcard siih... Kirain jatahnya emang 2 tiap buku, ternyata enggak ya...

      Hapus