Kamis, 10 Juli 2014

[Indonesia] Raja Ampat Islands



Raja Ampat adalah kepulauan yang terletak di bagian ujung barat laut dari Kepala Burung Semenanjung di pulau New Guinea, di provinsi Papua Barat, Indonesia, Raja Ampat, atau Empat Raja, merupakan daerah kepulauan yang terdiri lebih dari 1.500 pulau-pulau kecil, gundukan, dan beting sekitar empat pulau utama Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo serta pulau kecil Kofiau.

Kabupaten Raja Ampat adalah kabupaten baru yang terpisah dari Kabupaten Sorong pada tahun 2004. Daerah ini meliputi lebih dari 40.000 km ² darat dan laut, yang juga mengandung Cenderawasih Bay, yang taman nasional laut terbesar di Indonesia. Ini adalah bagian dari Papua Barat dari Indonesia yang sebelumnya Irian Jaya. Beberapa pulau-pulau adalah bagian paling utara tanah di benua Australia. Raja Ampat adalah salah satu destinasi wisata Indonesia. Mari saya ajak untuk datang kesana :)

Nama Raja Ampat berasal dari mitologi lokal yang menceritakan tentang seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat dari tujuh telur menetas dan menjadi raja yang menempati empat pulau terbesar Raja Ampat sementara tiga lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan batu. 

Sejarah menunjukkan bahwa Raja Ampat pernah menjadi bagian dari Kesultanan Tidore, kerajaan berpengaruh dari Maluku. Namun, setelah Belanda menginvasi Maluku, itu tak lama diklaim oleh Belanda. Pekerjaan utama bagi orang-orang di daerah ini adalah memancing karena daerah ini didominasi oleh laut. Mereka tinggal di sebuah koloni kecil suku yang menyebar di seluruh wilayah. Meskipun budaya tradisional masih sangat ada, mereka sangat ramah kepada pengunjung. Orang Raja Ampat lebih seperti Ambon daripada orang Papua dan sekarang beberapa dari mereka adalah Muslim dan beberapa dari mereka adalah orang Kristen. Kartu pos yang sangat keren! Terima kasih Yanita dan teman-teman KPI atas kiriman kartu pos ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar