Selasa, 01 Juli 2014

[Indonesia] Singosari Temple



Singosari adalah sebuah kota kecil di Malang, Jawa Timur, Indonesia, di Pulau Jawa. Kota ini sebagian besar ditempati oleh umat Islam dengan sejumlah kecil kelompok Cina dan lainnya. Kegiatan utama adalah di pasar Singosari. Nama Singosari berasal dari kerajaan terkenal setengah baya (1222-1292) bernama Singhasari, yang istana yang terletak tidak jauh dari modern Singosari. Gambar utama yang ada di kartu pos ini, Candi Singosari  yang digunakan sebagai ibadah istana kerajaan selama ini - terletak di jalan Kertanegara, sekitar 3 km dari pasar Singosari.

Candi Singosari, juga dikenal sebagai Candi Kendedes, didirikan untuk menghormati Raja Kertanegara, raja terakhir dinasti Singosari yang meninggal pada tahun 1292 Masehi. Ini didirikan tahun 1300 Masehi pada saat yang sama ketika ritual Sradha berlangsung. Di sekitar candi ada dua patung raksasa yang disebut Dwarapala, diyakini sebagai penjaga pintu masuk ke istana. Candi ini telah menyelamatkan cerita sejarah yang selalu ingat oleh masyarakat Malang. Namun, Candi Singosari merupakan simbol eksistensi Kabupaten Malang dari tahun yang lalu.

Candi Singosari terbentuk dari batu bata merah dan diatur dalam membangun kerucut. Candi ini juga memiliki relief cantik yang menggambarkan besar Kerajaan Singosari ketika masih berjaya. Lebih lanjut ke barat dari candi ini adalah Ken Dedes kolam renang, diyakini sebagai tempat pemandian dan taman kerajaan Singhasari. Setelah memasuki kompleks kolam renang ini ada 2 patung besar yang disebut Dwaraphala di setiap sisi pintu masuk. Dwaraphala adalah raksasa berjongkok memegang tongkat besar sebagai senjata, melambangkan penjaga tempat-tempat suci dalam budaya Jawa. Keren! semoga suatu hari nanti bisa berkunjung ke candi ini. Frida, makasih ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar