Selasa, 02 September 2014

[Chile] Llama in Atacama Desert



Gurun Atacama (Spanyol: Desierto de Atacama) adalah sebuah dataran tinggi di Amerika Selatan, meliputi 1.000 kilometer strip tanah di pantai Pasifik, sebelah barat pegunungan Andes. Ini adalah gurun non-polar terkering di dunia. Menurut perkiraan Gurun Atacama yang tepat menempati 105.000 kilometer persegi, tetapi ukurannya meningkat menjadi 128.000 kilometer persegi ketika lereng yang lebih rendah tandus. Sebagian besar gurun terdiri dari medan berbatu, danau garam (Salares), pasir, dan lava felsic yang mengalir menuju Andes.

The World Wide Fund for Nature mendefinisikan ekoregion Gurun Atacama sebagai membentang dari beberapa kilometer selatan Peru-Chile perbatasan sampai sekitar 30° Lintang Selatan. The National Geographic Society menganggap wilayah pesisir selatan Peru untuk menjadi bagian dari Gurun Atacama dan juga termasuk padang pasir selatan Daerah Ica di Peru.

Peru batasnya di sebelah utara dan ekoregion Chili Matorral batasnya pada sisi selatan. Di sebelah timur terletak kurang kering Central Andean puna kering ekoregion. Bagian kering ekoregion ini terletak di selatan Sungai Loa antara paralel Sierra Vicuña Mackenna dan Cordillera Domeyko. Di sebelah utara dari Loa terletak Pampa del Tamarugal.


Hewan unik yang ada di kartu pos ini adalah Llama (Lama glama) adalah camelid Amerika Selatan peliharaan, banyak digunakan sebagai daging dan pak hewan budaya Andes sejak zaman pra-Hispanik. Ukuran tubuh llama yakni sekitar 1,7-1,8 m tinggi di atas kepala, dan dapat memiliki berat badan antara 130 dan 200 kg. Saat lahir, bayi llama (disebut Cria ) dapat memiliki berat badan antara 9 dan 14 kg. Llamas biasanya hidup selama 15-25 tahun, dengan beberapa individu yang masih hidup 30 tahun atau lebih.

Nama llama (di masa lalu juga dieja 'lama' atau 'glama') diadopsi oleh pemukim Eropa dari Peru pribumi. Llamas tampaknya berasal dari dataran tengah Amerika Utara sekitar 40 juta tahun yang lalu. Mereka bermigrasi ke Amerika Selatan sekitar tiga juta tahun yang lalu. Pada akhir zaman es terakhir (10,000-12,000 tahun yang lalu), camelids punah di Amerika Utara. Sekarang ada lebih dari 158.000 llamas dan alpacas 100.000 di Amerika Serikat dan Kanada. Wow, very nice postcard. Hernan and mbak Dee An, thank you so much for this great postcard. I love it :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar