Selasa, 21 Oktober 2014

[Kosovo] Gjakova City



Kosovo adalah sebuah negara yang diakui sebagian di Eropa Tenggara yang menyatakan kemerdekaan dari Serbia pada Februari 2008 sebagai Republik Kosovo. Sementara Serbia mengakui pemerintahan Republik dari wilayah, masih terus mengklaim sebagai yang Otonom Provinsi Kosovo dan Metohija. Kosovo terletak di pedalaman di Semenanjung Balkan pusat. Kota terbesar sekaligus ibukotanya adalah Pristina. Hal ini berbatasan dengan Republik Makedonia dan Albania di selatan, Montenegro di sebelah barat, dan Central Serbia di utara dan timur. Pada jaman dahulu, para Dardanian Raya, dan kemudian provinsi Romawi Dardania terletak di wilayah tersebut.

Kosovo adalah bagian dari Serbia pada Abad Pertengahan, dan banyak yang menganggap Pertempuran Kosovo dari 1389 menjadi salah satu momen menentukan dalam sejarah abad pertengahan Serbia. Setelah menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman dari tanggal 15 sampai awal abad 20, pada akhir abad ke-19 Kosovo menjadi pusat gerakan kemerdekaan Albania dengan Liga Prizren. Sebagai hasil dari kekalahan Utsmani di Balkan Perang Pertama (1912-1913), itu dimasukkan ke dalam Kerajaan Serbia. Setelah periode Unitarianisme Yugoslavia di Kerajaan Yugoslavia, pasca-Perang Dunia II konstitusi Yugoslavia mendirikan Provinsi Otonom Kosovo dan Metohija dalam republik konstituen Yugoslavia dari Serbia. Yuk sejenak kita lihat 'wajah' Kosovo.


Nah kartu pos ini memperlihatkan kota Gjakova atau Djakovica yakni sebuah kota dan kotamadya di Kosovo barat. Nama "Djakovica" berasal dari bahasa Serbia, yang dapat dengan mudah dibedakan dengan akhiran -ica, yang berarti "kecil". Nama Albania untuk kota ini Gjakova. Ada beberapa teori tentang asal-usul nama desa, seperti dari nama pribadi Jakov đak yang berarti pupi. Atau dari kata Albania untuk "darah" (gjak). It's a very nice postcard. Rianna, thank you so much for swapping with me and sent me this postcard. I like it :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar