Jumat, 21 Februari 2014

[Vietnam] Banana Heaven



Ketika pertama kali melihat kartu pos ini, ingatan saya langsung tertuju pada sebuah kisah perjalanan Trinity di Puerto Rico dimana salah satu objek wisata di sana ialah... melihat pohon pisang :) Sebetulnya, hal itu wajar karena pohon pisang biasanya tumbuh di daerah tropis seperti Asia dan sebagian wilayah Australia. Jadi, ketika ada pohon pisang yang tumbuh di benua Amerika tentulah hal tersebut menjadi unik dan bagi sebagian turis itu adalah hal yang menarik :)

Saya tidak akan membahas terlalu banyak mengenai pisang yang menjadi objek utama kartu pos ini. Secara pribadi saya suka kartu pos ini. Terlebih dengan bayangan seseorang yang tengah membaca di bawah perlindungan atap rumah namun di sisi lain matahari menyinari pohon pisang dengan terik. Ini adalah kartu pos yang dikirimkan oleh Avro ketika berwisata di Vietnam. Ada beberapa hal menarik dari kartu pos ini.

Pertama, judulnya yang Banana Heaven. Saya menggunakan judul ini karena kata itu ditulis di bagian belakang kartu pos. Awalnya saya mengira ada jenis pisah khusus yang memiliki keunggulan sehingga dinamakan Banana Heaven. (seperti buah-buahan asal Thailand yang sangat populer). Namun, ketika saya mencari informasi di situs pencarian. Banana Heaven mengacu pada nama sebuah makanan yang diolah dari pisang.

Kedua, ini kartu pos produksi Taiwan. Bisa jadi pohon pisang ini tumbuh di sebuah daerah bernama Cishan atau Kaoshiung (lagi-lagi hal ini tertulis di belakang kartu pos).Cishan adalah sebuah distrik di timur laut Kaohsiung, Taiwan. Sampai tahun 70-an, Cishan terhubung dengan jalur kereta api utama dari wilayah Utara hingga selatan Republik Cina.

Ketiga, salah satu prangkonya memperlihatkan Ursus Malayanus atau yang biasa kita kenal sebagai Beruang Madu. Beruang ini termasuk dalam famili ursidae dan merupakan jenis paling kecil dari delapan jenis beruang yang ada di dunia. Di Indonesia, Beruang madu menjadi fauna khas provinsi Bengkulu. Di kota Balikpapan, Beruang Madu bahkan dijadikan maskot kota. Prangko yang bertuliskan "Viet Nam" menjadi bukti otentik bahwa kartu pos ini memang dikirimkan dari sana.

Hal unik yang terakhir adalah, saya salut dengan kepandaian petugas pos yang ada di Vietnam. Kenapa saya bilang begitu? coba saja perhatikan kartu pos bagian belakang ini dengan lebih teliti :) terlepas dari itu semua, Avro, terima kasih banyak atas kartu pos yang unik ini ya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar