Selasa, 10 Desember 2013

[Czech Republic] Charles Bridge in Praha




Saya pertama kali 'mengenal' Republik Ceko dari sebuah buku berjudul Menyusuri Lorong-Lorong Dunia yang ditulis oleh Sigit Susanto hampir 10 (sepuluh) tahun yang lalu. Republik Ceko digambarkan sebagai negara kecil yang sangat cantik hanya saja di buku itu penulis lebih banyak membahas mengenai Franz Kafka, penulis terkenal asal Rep. Ceko. Nah, saya mulai jatuh cinta dengan heart of Europe ini melalui salah satu episode tayangan The Amazing Race. Sejak itulah saya mulai jatuh hati dengan Rep. Ceko ini.

Saking cintanya, Cesky Krumlov (salah satu kota kecil yang luar biasa Indah di pinggiran Rep. Ceko) saya jadikan sebagai header blog utama saya. Karena itu, ketika pertama kali melihat kartu pos ini, saya langsung tahu bahwa itu adalah Charles Bridge, salah satu jembatan terkenal yang membelah sungai Vltava di kota Praha. Luar biasa indah! Jembatan ini dibangun pada tahun 1357 oleh Raja Charles IV dan selesai pada awal abad ke-15.

Jembatan Charles dianggap sebagai salah satu bangunan paling menakjubkan bergaya gothic yang pernah dibangun di dunia. Sisi-sisi jembatan ini dihiasi oleh 30 patung bergaya baroque yang menggambarkan berbagai sosk kudus dan pelindung yang paling dihormati pada saat itu. Seperti Matthias Braun, Jan Brokoff dsb. Mbak Titish, makasih banyak ya sudah mengirimi saya kartu pos keren ini ^^

Update on 2nd of June, 2014.



The Charles Bridge merupakan jembatan yang dibangun untuk menggantikan Judith Bridge kuno yang dibangun 1158-1172 yang telah rusak parah oleh banjir di 1342. Jembatan ini awalnya disebut Jembatan Batu (Kamenny most) atau Jembatan Praha (Prazsky most) namun berubah nama menjadi "Charles Bridge" sejak tahun 1870. Jembatan inilah satu-satunya cara untuk menyeberangi sungai Vltava (Moldau) sampai 1841, Charles Bridge adalah koneksi paling penting antara Kastil Praha dan Old Town kota dan daerah sekitarnya. 

Jembatan sepanjang 621 meter dan lebar hampir 10 meter ini bertumpu pada 16 lengkungan terlindung oleh ice guards. Hal ini dilindungi oleh tiga menara jembatan dimana dua dari mereka di sisi Quarter Lesser dan yang ketiga di sisi Old Town. Mbak Helene, terima kasih banyak atas kiriman kartu posnya. Sukaaaaaa banget :) Amin... amin, semoga suatu hari nanti kesampaian duduk-duduk di Charles Bridge ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar