Selasa, 17 Desember 2013

[Indonesia] Detail Lantai Gereja



Pada tahun 1992, Yusuf Bilyarta Mangunwijaya mendapatkan penghargaan Aga Khan, sebuah penghargaan bidang arsitektur bergengsi di Indonesia. Hal ini terkait dengan desain karya Kampung Kali Code yang ia bangun sepanjang tahun 1985. Nah, gambar yang ada di kartu pos ini adalah rancangan detail lantai yang dihasilkan oleh arsitek sekaligus penulis besar Y.B Mangunwijaya ini.

Sebagian besar itu adalah motif lantai gereja. Ini sebagai bentuk pengabdian dan rasa cinta Y.B Mangunwijaya terhadap kehidupan yang ia jalani. Terang saja, karena Y.B Mangunwijaya juga dikenal sebagai rohaniawan. Selain itu, Y.B Mangunwijaya juga membangun Yayasan Dinamika Edukasi Dasar untuk penduduk korban pembangunan waduk Kedung Ombo serta penduduk miskin di tepi kali Code.

Pria yang memilih menjadi oposisi terhadap pemerintahan Soeharto ini dikenal sebagai pembela kaum miskin, tertindas dan kepentingan pejabat sehingga dikenal dengan jargon "jeritan suara hati nurani" ini. Benedictha Abriani aka Hani, makasih ya atas kartu pos yang cakep ini. :) ini kartu pos Y.B Mangunwijaya series kedua yang saya terima sebelumnya mendapatkan kartu bergambar Pemukiman Tepi Kali Code yang tak kalah bagus :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar