Selasa, 10 Desember 2013

[Indonesia] Wayang Orang



Wayang Orang atau yang dalam bahasa jawa disebut wayang wong adalah pementasan wayang yang dimainkan dengan mengunakan orang/aktor dalam cerita pewayangan yang dipentaskan. Seni drama Jawa ini diciptakan oleh Sultan Hamangkurat I pada tahun 1731. Wow, ternyata sudah dipentaskan lebih dari 200 tahun lalu!

Sesuai penamaannya, pementasan wayang ini diperankan oleh orang tidak menggunakan media boneka. Para lakon memakai pakaian sama seperti hiasan wayang kulit. Supaya bentuk muka menyerupai wayang kulit (terlebih jika dilihat dari samping) wajah pemain wayang orang ini akan diriasi dengan make up tebal dengan tambahan lukisan wajah. Ini adalah seni pertunjukkan asli Indonesia. Saya ingat dulu pertengahan tahun 90-an acara ini sering dipentaskan pada malam hari di TVRI. Saat ini wayang orang sudah jarang terlihat (setidaknya di layar kaca) namun menurut informasi di wikipedia, wayang orang masih dipentaskan di beberapa panggung seperti Taman Mini atau Taman Sriwedari yang ada di Solo.

Oh ya, mengenai wayang orang goro-goro, sepertinya itu adalah nama pemimpin pertunjukan. Yakni Ki Goro-goro. Untuk melihat videonya bisa klik disini. Fathia, terima kasih banyak kartu posnya. Ini kartu pos yang unik dan menyimpan banyak informasi seputar seni pertunjukan tradisional. Walaupun jujur saja saya pribadi agak takut memandangnya terlalu lama kerena dari dulu memang agak 'merinding' jika melihat orang-orang yang memakai riasan tebal seperti wayang orang ini hahaha :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar