Kamis, 12 Desember 2013

[Indonesia] Taman Sari Keraton dan Makam Raja Mataram




Taman Sari dikenal juga dengan sebutan Taman Sari Keraton yang merupakan bekas taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 hingga 1769. Taman yang mendapatkan julukan The Fragrant Garden ini memiliki luas 10 hektare memiliki 57 bangunan yang terdiri dari gedung utama, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air dan juga danau buatan beserta lorong bawah tanah. Taman Sari memiliki beberapa bagian khusus yang disesuaikan dengan penggunaannya. Seperti bagian Umbul Binangun yang dipercaya menjadi lokasi pemandian Sultan beserta para istri dan anak-anak beliau. Keren sekali!


Kartu pos ilustrasi ini dibuat skestanya oleh Fitria Puspita Rani dalam komunitas IS Jogja dengan brand Kaus Sketsa yang ada di Yogyakarta. Saya suka kartu pos jenis ini karena saya tahu bukan hal yang mudah untuk mendesain sebuah skesta berdasarkan bangunan yang masih ada. Sebagai perbandingan, ini adalah wujud asli Taman Sari Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta. Sumber gambar dari Wikipedia
Di saat yang bersamaan, saya juga menerima kartu pos serupa yang memperlihatkan gapura pada komplek pemakaman raja Mataram yang berada di Kotagede, sebuah kecamatan yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.



Pada abat ke-8, Wilayah Mataram merupakan pusat kerajaan Mataram Hindu yang menguasai dataran Pulau Jawa. Kerajaan ini memiliki kemakmuran dan peradaban luar biasa sehingga mampu membangun candi kuno berasitektur megah seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Luar biasa, saat menuliskan hal ini pun saya membayangkan betapa besarnya kerajaan Mataram ini dulunya.

Komplek makam Raja Mataram Islam ini berada di Selatan Kotagede. Komplek pemakaman ini sangat populer karena bangunannya yang unik dan perpaduan corak arsitektur 3 agama. Misalnya saja untuk corak gapura utama ini yang mengadaptasi arsitektur kerajaan Majapahit (Hindu), namun beberapa bagian lain memperlihatkan corak Islam dan Buddha. Ini adalah bentuk asli gapura utama komplek pemakaman Raja Mataram ini.


Pemakaman Raja Mataram. Sumber Gambar dari sini.





Kartu pos ini didesain oleh Alaik Azizi masih pada komunitas IS Jogja. Keren :) Jadi, saya harus mengucapkan banyak terima kasih kepada mbak Niken Terate yang sudah mengirimi aku 2 (dua) kartu pos yang sangat Indonesia ini :) Sukses terus buat mbak Niken ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar