Selasa, 24 Desember 2013

[United States of America] Leather Postcard From Texas




Kartu pos berbahan kulit (leather postcard) ini sempat menjadi trend sekitar tahun 1900 s.d tahun 1909 (bahkan menurutku tetap diminati hingga sekarang karena tetap dijual di beberapa situs penjualan online.) Uniknya, keberadaan kartu ini sempat dilarang oleh US Portal Service karena menyebabkan kerusakan pada mesin sortir. Hah kerusakan mesin? maksudnya? oh ya ampun, setelah googling, saya akhirnya tahu ternyata di US sana (dan beberapa negara maju lainnya) surat sudah disortir menggunakan mesin. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video yang saya dapatkan di youtube ini. *geleng-geleng tanda takjub*




Secara umum, kartu pos berbahan kulit ini dibuat dari kulit rusa. Menggunakan teknik pyrography, atau dalam bahasa awam disebut, "menulis dengan api" (berasal dari bahasa Yunani, pur (api) dan graphos (menulis). Yakni dengan cara membakar bahan dasar (kayu atau kulit) menggunakan benda panas seperti poker atau pokerwork (pembakaran kayu). Namun di zaman modern seperti sekarang pyrography sudah menggunakan mesin phrography mutakhir dengan menggunakan logam yang dipanaskan menggunakan api. Atau bisa juga menggunakan sinar matahari yang terkonsentrasi melalui lensa pembesar. Luar biasa!

Awalnya kartu pos jenis ini memperlihatkan gambar karakter lucu. Seperti ikon Teddy Bear yang secara tidak langsung berhubungan dengan dunia politik karena asal-usul boneka Teddy bear itu pun lekat dengan sejarah dan aktifitas presiden Theodore Roosevelt. Namun sekarang motif leather postcard alias kartu pos kulit sudah banyak dikembangkan. Bahkan, terdapat berbagai macam kreasi kartu menggunakan bahan kulit ini. (seperti koleksi maps on leather ini.)

Wah, saya sangat beruntung bisa mendapatkan kartu pos kulit ini! Mbak Ika, terima kasih banyak ya atas kepercayaannya untuk aku menjaga kartu pos bersejarah ini. Sungguh ini amanah yang tak ternilai harganya dan aku berjanji untuk berusaha terus menjaga kartu pos ini. *Stt, apalagi kartu pos ini harganya setara dengan 30 kartu pos umum yang dijual dipasaran! haaaa makin merasa mendapatkan rezeki nomplok jadinya ^^ Alhamdulillah* Sekali lagi, terima kasih mbak Ika :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar