Senin, 12 Mei 2014

[Andorra] Beautiful View in Escaldes Engordany



Andorra secara resmi bernama Principality of Andorra/Kerajaan Andorra atau yang sering juga disebut sebagai Kerajaan Lembah Andorra. Andorra adalah negara kecil yang terkurung daratan di Eropa Barat tepatnya terletak di pegunungan Pyrenees timur dan berbatasan dengan Spanyol dan Perancis. Ini adalah negara terkecil ke-6 di Eropa karena 'hanya' memiliki luas 468 Km persegi. Ibukotanya bernama Andorra la Vella sekaligus menjadi ibukota negara tertinggi di Eropa karena terletak di ketinggian lebih dari 1.023 meter di atas permukaan laut. 

Berbahasa resmi adalah Catalan meski bahasa Spanyol, Portugis dan Perancis juga umum digunakan, negara ini dibuat berdasarkan anggaran dasar di tahun 988 AD atau dimana Kerajaan ini dibentuk pada tahun 1278 dimana ketika itu Andorra dikenal sebagai kerajaan monarki yang dipimpin oleh dua Co Princes yakni asal Spanyol/Katolik Uskup Urgell dan Presiden Perancis.

Andorra adalah negara kecil yang makmur terutama karena industri pariwisata mereka sangat hidup dimana diperkirakan 10,2 juta pengunjung datang setiap tahunnya. Ini bukan anggota Uni Eropa tapi euro adalah mata uang secara de facto. Orang-orang Andorra memiliki harapan hidup manusia tertinggi ke-3 saat lahir di dunia karena diperkirakan usia rata-rata penduduk di Andorra ialah. 84 tahun. Yuk kita jalan-jalan ke Andorra dulu :)


Sejarah mengatakan bahwa Charles yang Agung (Charlemagne) diberikan piagam sebagai perwakilan dari orang Andorra sebagai imbalan karena telah berhasil melawan bangsa Moor. Penguasa atasan wilayah itu diambil alih oleh Pangeran Urgell dan akhirnya oleh uskup dari Keuskupan Urgell. Pada tahun 988, Borrell II atau Pangeran Urgell memberikan lembah Andorra untuk Keuskupan Urgell dalam pertukaran untuk tanah di Cerdanya. Sejak saat itu Uskup Urgell yang berbasis di Seu d' Urgell resmi memiliki Andorra. 

Sebelum 1095, Andorra tidak memiliki jenis perlindungan militer dan Uskup Urgell yang tahu bahwa Hitungan Urgell ingin merebut kembali lembah Andorra lalu meminta bantuan dan perlindungan dari Lord of Caboet. Pada 1095, Lord of Caboet dan Uskup Urgell ditandatangani di bawah sumpah deklarasi atas kedaulatan mereka pada Andorra. Selama bertahun-tahun kepemimpinan Andorra diteruskan ke raja-raja Navarre. 

Setelah Henry of Navarre menjadi Raja Henry IV dari Perancis, ia mengeluarkan sebuah dekrit di tahun 1607 yang menetapkan kepala negara Perancis dan Uskup Urgell sebagai pangeran dari Andorra. Pada antara tahun 1812-1813, untuk pertama kalinya Kekaisaran Perancis menganeksasi Catalonia dan dibagi dalam empat département dengan Andorra yang menjadi bagian dari distrik Puigcerdà. Lokasi yang ada di kartu pos ini sendiri merupakan wilayah Escaldes-Engordany yakni salah satu paroki Andorra. 

Prangkonya memperlihatkan mobil antik di Guadalajara. Keren! perpaduan yang cakep antara kartu pos dan prangkonya. Alexandra, thank you very much for this beautiful postcard and also amazing stamp :) Aaaaa I love it. I'm looking for a postcard from Andorra for a long time ago yeaaay ^^. And, Tadaaaa finally I got it and it's because your kindness. Thank you soooo much :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar