Senin, 09 Juni 2014

[Swaziland] King Mswati III



Swaziland atau yang secara resmi bernama resmi Kerajaan Swaziland adalah sebuah negara yang juga dikenal dengan nama kaNgwane atau Eswatini. Swaziland adalah sebuah negara berdaulat yang dikelilingi oleh Afrika Selatan. Swaziland adalah salah satu negara terkecil di Afrika. Luasnya tidak lebih dari 200 kilometer. Terlepas dari itu, negara ini memiliki topografi yang sangat beragam dari berbagai iklim dengan Highveld dingin dan pegunungan dan lowveld panas dan kering.

Negara ini kebanyakan didiami oleh etnis Swazis yang menggunakan bahasa Siswati. Mereka mendirikan kerajaan mereka di pertengahan abad 18 di bawah kepemimpinan Ngwane III. Batas-batas negara ini disusun pada tahun 1881. Setelah Perang Anglo-Boer, Swaziland adalah protektorat Inggris dari tahun 1903 sampai 1967 sampai akhirnya Swaziland memperoleh kemerdekaan pada tanggal 6 September 1968. Yuk, kita intip dulu Swaziland ini negara seperti apa. :)


Swaziland adalah sebuah negara monarki yang saat ini diperintah oleh Raja (Ngwenyama) Mswati III. Raja adalah kepala negara dan menunjuk perdana menteri dan sejumlah perwakilan dari parlemen. Sosok yang ada di kartu pos ini (yang berada di tengah) itulah Raja Mswati III. Mswati lahir di Manzini, Swaziland. Ayahnya adalah Raja Sobhuza II dan ibunya adalah salah satu istri muda dariraja. Ibunya bernama Ntombi Tfwala dan Mswati adalah anak tunggal Tfwala bersama Raja Sobhuza II.

Mswati III menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Masundvwini dan sekolah menengah di Lozitha Palace School. Dia kemudian dihadiri belajar di Sherborne School di Dorset, Inggris antara tahun 1983 sd 1986. Makhosetive lantas menobatkan Mswati III sebagai Raja Swaziland pada tanggal 25 April 1986 di usia 18 tahun, sehingga menjadi raja termuda di dunia yang berkuasa pada saat.

Bersama dengan ibunya Ntombi yang sekarang menjadi Ibu Ratu (Indlovukazi), ia memerintah negara sebagai bentuk monarki mutlak. Mswati III dikenal untuk praktek poligami karena beliau memiliki 15 istri dimana dua diantaranya resmi yang diangkat oleh negara. Keputusannya untuk memperistri banyak wanita memacu kontroversi termasuklah kebijakannya dan gaya hidup mewah juga telah memicu protes domestik.

Prangko yang ada di kartu pos ini juga memperlihatkan wajah Mswati III. Prangko lainnya memperlihatkan Red Forrest Charaxes yakni kupu-kupu berwarna merah menyala dan termasuk dalam keluarga Nymphalidae dan memang banyak ditemukan di Afrika. Mandlakhe, thank you very much for this awesome postcard! Very interesting to get a postcard with picture of king of Swaziland. The stamps also beautiful :) thank you for your kindness :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar