Senin, 02 Juni 2014

[Vietnam] Củ Chi Tunnels



Terowongan Cu Chi merupakan jaringan besar yang menghubungkan terowongan bawah tanah yang terletak di Cu Chi Minh distrik Kota Ho Chi (Saigon), Vietnam dan merupakan bagian dari jaringan yang lebih besar dari terowongan yang mendasari banyak negara. Cu Chi Tunnels adalah lokasi beberapa kampanye militer selama Perang Vietnam dan basis Viet Cong tentang operasi untuk Serangan Tet pada tahun 1968.

Terowongan yang digunakan oleh tentara Viet Cong sebagai tempat bersembunyi selama pertempuran serta melayani sebagai rute komunikasi dan pasokan, rumah sakit, makanan dan senjata cache dan tempat tinggal untuk berbagai pejuang Vietnam Utara. Sistem terowongan yang penting bagi Viet Cong dalam perlawanan mereka terhadap pasukan Amerika dan membantu untuk melawan upaya militer Amerika tumbuh.

Tentara Amerika menggunakan istilah "Black Echo" untuk menggambarkan kondisi di dalam terowongan. Untuk Viet Cong, kehidupan di terowongannya lebih sulit. Udara, makanan dan air yang langka dan terowongan yang penuh dengan semut, lipan beracun, kalajengking, laba-laba dan kutu. Sebagian besar waktu, tentara akan menghabiskan hari dalam kerja terowongan atau beristirahat dan keluar hanya pada malam hari untuk mengais untuk persediaan atau terlibat pertempuran dengan musuh.

Terowongan yang sepanjang 75 mil atau sekitar 121 km ini kini merupakan daya tarik wisata yang populer, dan pengunjung diundang untuk merangkak di sekitar di bagian aman dari sistem terowongan. Situs Ben Duoc berisi bagian dari sistem terowongan asli sedangkan situs Ben Dinh dekat ke Saigon memiliki rekonstruksi terowongan dan beberapa terowongan telah dibuat lebih besar untuk mengakomodasi ukuran yang lebih besar dari turis Barat. Inilah tempat yang merupakan salah satu tujuan wisata yang termasuk di buku 501 Must Visit Destinations. Budin Dini Probojati, aku udah nyari kartu pos ini sejak lama. Sukaaaaaa banget :) makasih ya. Juga untuk potongan tiket ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar