Rabu, 05 Maret 2014

[Oman] Wonderful Bahla Fort



Bahla Fort adalah salah satu dari empat benteng bersejarah yang terletak di kaki dataran tinggi Djebel Akhdar di Oman. Benteng ini dibangun pada abad ke-13 dan ke-14 ketika oasis Bahla makmur di bawah kendali suku Bani Nabhan. Karena dibangun dengan campuran pasir sedanya, dinding dan menara benteng ini rentan hancur. Sebelum dilestarikan di tahun 1987 beberapa bagian dinding benteng ini hancur tiap kali musim hujan datang.

Di tahun 1987 UNESCO menjadikan benteng ini sebagai salah satu Warisan Situs Dunia yang harus dilindungi. Namun, setahun kemudian di tahun 1988, UNESCO menetapkan bahwa ini salah satu situs yang berbahaya (sumber wikipedia) namun ketika saya mencari tahu di situs resmi UNESCO, Benteng Bahla ini sudah tidak ada lagi di daftar List of World Heritage in Danger. Ini dikarenakan proses restorasi di tahun 1990-an oleh Pemerintah Oman dan telah menghabiskan uang 9 miliar dolar amerika. Hasilnya tidak sia-sia. Situs ini dihapus dari List of World Heritage in Danger pada tahun 2004 dan tetap dilindungi oleh UNESCO hingga sekarang.

The Fort at Bahla, bersamaan dengan benteng terdekat di Izki dan Nizwa dan satu lagi di Rustaq yang terletak di utara adalah pusat perlawanan terhadap Kharajite, kaum yang awalnya mendukung otoritas khalifah Ali bin Abi Thalib namun kemudian menolaknya. Benteng ini juga sebagai saksi normalisasi kepemimpinan Khalifah Harun al-Rasyid. Kota Bahla sendiri dikelilingi oleh dinding adobe sekitar 12 kilometer termasuk oasis, suq dan kebun sawit. Dinding Benteng Bahla adalah yang terbesar ketiga di dunia. Julukan kota ini ialah "Madinat Al Sehr" alias "Kota Magic"

Kartu pos yang sangat indah! Prangkonya bertuliskan Al-Khanjar A'Suri yang merupakan pisau belati tradisional Oman. Bentuknya mirip dengan pisau Jambiya di Yaman. Khanjar berbentuk melengkung dan tajam di kedua ujungnya. Biasanya pisau ini terbuat dari perak dan sabuknya pun dihiasi ornamen perak. Khanjar pulalah yang nampak di bendera nasional Oman. Kartu pos yang sangat megah! saya suka sekali. Cresalde, شكرا جزيلا لهذا بطاقة بريدية جميلة. أنا أحب هذه البطاقة البريدية وهذا سيكون واحدا من بلدي بطاقة بريدية المفضلة. مدهش!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar