Selasa, 04 Maret 2014

[Thailand] Uthai Thani



Uthai Thani (อุทัยธานี) adalah salah satu provinsi yang berada di Thailand. Provinsi ini membentang dari dataran atas lembah sungai Chao Pharaya dan diselimuti pegunungan dengan hutan di arah barat. Sungai Sakae Krang adalah sungai utama provinsi Uthai Thani dan merupakan anak sungai dari Sungai Chao Pharaya. Di Uthai Thani terdapat The Huai Kha Khaeng Wildlife Sanctuary yang dinyatakan sebagai salah satu warisan situs dunia dan telah dilindungi oleh UNESCO. Inilah "rumah" sebagian besar hewan hutan Asia Tenggara termasuk harimau dan gajah.

Uthai Thani mulai ditempati ketika suku Mon dan masyarakat Lawa menetap di sebuah pemukiman yang dulu dikenal sebagai nama Muang U Thai selama periode Kerajaan Sukhothai namun kemudian ditinggalkan ketika sungai mengubah arah. Patabeut, anggota suku Karen, menghidupkan kembali area pemukiman ini ketika berlangsungnya periode Ayutthaya sekaligus berfungsi sebagai benteng untuk melindungi kerajaan ini. Inilah kota kelahiran ayah dari Raja Rama I. Rama pulalah yang mengganti nama kota ini dari Uthai menjadi Uthai Thani. Daerah ini menjadi sebuah provinsi di tahun 1892 ketika Raja Chulalongkorn (Raja Rama V) menambahkan daerah Uthai Thani ke Monthon Nakhon Sawan menjadi bentukan sebuah provinsi. 

Beberapa tempat terlihat di kartu pos ini. Misalnya saja Sungai Sakae Krang yang ada di kiri bawah. Selain itu candi yang berada di kiri atas merupakan Wat Chantharam atau Wat Tha Sung, ini adalah candi tua yang dibangun pada saat periode Ayutthaya. Bagian utama candi ini adalah mimbar yang dibangun oleh Luang Pho Yai sedangkan bagian lainnya ditambahkan oleh biksu Phra Ratchaphrom Yan Nen. Selebihnya, saya agak kesulitan mencari informasi tempat-tempat tersebut.

Prangkonya memperlihatkan Phromthep Cape atau Laem Phrompthep yakni sebuah tanjung yang membentuk ujung selatan Phuket. "Phrom" adalah kata dalam bahasa Thailand mengacu ke "Brahma "yang menandai kemurnian dan "Thep" berarti "Tuhan". Lagi-lagi, ini kartu pos kejutan yang dikirimkan dari Pitsa. Terima kasih banyak atas semua kebaikan hatimu, Pitsa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar