Rabu, 26 Maret 2014

[United States of America] Sunset in California



California adalah salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Inilah negara bagian dengan penduduk paling padat dan juga merupakan negara ketiga terbesar berdasarkan wilayah (setelah Alaska dan Texas). Beribukotakan Sacramento, California berbatasan dengan Oregon di utara, Nevada di timur, Arizona di tenggara dan Meksiko di selatan.

Sejarah panjang terbentang di negara bagian California ini. Konon wilayah ini pertama kali dihuni oleh suku asli Amerika sebelum dieskplorasi oleh sejumlah ekspedisi Eropa sepanjang abad ke-16 dan 17. Sempat diklaim oleh Kerajaan Spanyol sebagai bagian dari Alta Calofornia di wilayah yang lebih besar dari New Spanyol, Alta California menjadi bagian dari Meksiko pada tahun 1821. Tetapi kemudian diserahkan ke Amerika Serikat pada tahun 1848 setelah Perang Meksiko-Amerika.

Bagian barat Alta California segera disahkan sebagai Negara Bagian California dan menjadi negara bagian ke-31 pada tanggal 9 September 1850. The California Gold Rush lalu dimulai pada tahun 1848 yang menyebabkan perubahan sosial dan demografis yang dramatis dengan iringan imigrasi besar-besaran dari AS dan luar negeri beserta dengan ledakan ekonomi yang menyertainya.

Nama California sendiri diyakini telah diturunkan dari surga fiksi yang dihuni oleh Black Amazon dan diperintah oleh Ratu Calafia. Kisah Calafia tercatat dalam 1.510 karya The Adventures of Esplandian dan tertulis sebagai sekuel Amadis de Gaula oleh penulis petualangan asal Spanyol, Garci Rodriguez de Montalvo. Menurut Montalvo, kerajaan Ratu Calafia dikatakan sebagai tanah terpencil yang dihuni oleh griffin dan binatang aneh lainnya.

Prangko kartu pos ini memperlihatkan cabang olah raga olimpiade. Kartu pos bergambar matahari terbenam di California ini adalah kartu meet up luar Indonesia pertama yang saya dapatkan. Thank you so much for this nice postcard, Abran. I like it ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar