Rabu, 26 Maret 2014

[Thailand] Old Pattani City



Pattani adalah salah satu provinsi yang terletak di selatan Thailand. Provinsi ini berbatasan langsung dengan provinsi lainnya yakni Provinsi Narathiwat, Yala dan Songkhla. Nama Pattani sendiri adalah derivasi Thailand Patani yang berarti "Pantai Ini" dalam bahasa Melayu Patani. Teori lain mengatakan bahwa nama Pattani berasal dari bahasa sansekerta yakni kata Pathini yang berarti "Bidadari Perawan".

Pathini adalah nama putri Merong Mahawangsa, pendiri Kerajaan Langkasuka. Secara historis, provinsi Pattani merupakan pusat Melayu Kesultanan Patani Darul Makrif. Mungkin karena itulah banyak perkampungan muslim di sini (88% memeluk agama Islam). Pattani telah diatur oleh Siam (Thailand) sejak penaklukan pada tahun 1785. Peraturan Siam secara resmi diakui oleh Anglo-Siamese Treaty di tahun 1909 dan dinegosiasikan dengan Kerajaan Inggris. Provinsi Yala dan Narathiwat sendiri merupakan bagian dari Pattani sebelum dipecah menjadi provinsi tersendiri.

Provinsi Pattani dibagi menjadi 12 distrik (Amphoe) yang kemudian dibagi lagi menjadi 115 Komune (Tambon) dan 629 desa (Muban). Gambar yang ada di kartu pos ini nampaknya adalah sisa-sisa Kerajaan Langkasuka (berarti Tanah Gemilang) yang merupakan kerajaan kuno Hindu Melayu yang terletak di semenanjung Melayu. Menurut informasi dari Pitsa, kerjaaan ini berdiri dalam periode yang sama dengan berdirinya Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan.

Prangko kartu pos ini sepertinya memperlihatkan wajah Raja Thailand. Lagi-lagi kartu pos kejutan yang dikirimkan oleh Pitsa. Terima kasih banyak Pitsa atas semua kebaikanmu. Semoga dilain waktu saya juga bisa melakukan hal serupa untukmu :) Pitsa, ขอบคุณมากสำหรับโปสการ์ดนี้ดี :) หวังว่าสักวันหนึ่งผมจะสามารถส่งโปสการ์ดจากเมือง / ประเทศที่เราจะลงโทษ :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar