Jumat, 18 April 2014

[Bulgaria] Rila Monastery



Rila Monastery atau Biara Saint Ivan dari Rila adalah biara Ortodoks Timur terbesar dan paling terkenal di Bulgaria. Hal ini terletak di barat daya Rila Mountains, 117 km arah selatan ibukota Sofia di lembah Sungai Rilska pada ketinggian 1.147 M di atas permukaan laut. Biara ini dinamai sesuai dengan namapendirinya, beliau adalah pertapa Ivan of Rila (876-946 AD). Rila Monastery didirikan pada abad ke-10 dan dianggap sebagai salah satu dari budaya, sejarah dan arsitektur monumen Bulgaria yang paling penting dan merupakan daya tarik wisata Bulgaria bahkan dalam kawasan Eropa Selatan

Anggapan masyarakat bahwa biara ini betul-betul dibangun oleh pertapa St Ivan of Rila sebetulnya tidak sebetulnya tepat. Selama pemerintahan Tsar Peter I (927-968). Pertapa sesungguhnya tinggal di sebuah gua tanpa harta benda tidak jauh dari lokasi biara sementara kompleks Rila Monastery dibangun oleh murid-muridnya yang datang ke gunung untuk menerima pendidikan mereka. Sejak pembentukannya, Biara Rila telah didukung dan dihormati oleh penguasa Bulgaria. Sumbangan besar yang dibuat oleh hampir setiap tsar/pimpinan dari Kekaisaran Bulgaria Kedua sampai Ottoman Conquest, membuat biara pusat budaya dan spiritual kesadaran nasional Bulgaria yang mencapai puncaknya dari tanggal 12 ke abad ke-14.

The Monastery Rila itu didirikan ulang di tempat yang sekarang oleh Hrelyu, tuan feodal di bawah kekuasaan Serbia pada paruh pertama abad ke-14. Bangunan tertua di kompleks dari periode ini yakni Menara Hrelja (1334-1335) dan sebuah gereja kecil yang ada disebelahnya (1343). Namun sayang, kedatangan Utsmani pada akhir abad ke-14 ini diikuti oleh berbagai penggerebekan dan penghancuran biara di tengah abad ke-15. Berkat sumbangan oleh Sultana Mara Branković, Gereja Ortodoks Rusia dan Rossikon biara Gunung Athos, Biara Rila dibangun kembali pada akhir abad ke-15 oleh tiga bersaudara dari wilayah Kyustendil. Dengan pengaruh Sultana Mara Branković Ivan peninggalan Rila itu dipindahkan dari Trnovo ke kompleks baru di 1469.

Biara ini dikenal sebagai salah satu tempat persembunyian revolusioner Bulgaria seperti Vassil Levski, Gotse Delchev, Peyo Yavorov dan dianggap sebagai salah satu karya terpenting arsitektur Kebangkitan Nasional Bulgaria sekaligus dinyatakan sebagai monumen sejarah nasional 1976 dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983. Sejak tahun 1991 telah sepenuhnya tunduk kepada Sinode Kudus dari Gereja Ortodoks Bulgaria.

Kartu pos yang sangat indah! Prangko yang digunakan bertema bunga. Yang pertama memperlihatkan The Iris (Cymbidium iridioides) yakni salah satu jenis anggrek. Sama dengan kartu pos kedua yakni Epidendrum radicans juga salah satu jenis anggerk lainnya. Janes, this is a beautiful postcard. I'm totally love it ^^ благодаря ви много за смяна с мен. Надявам се някой ден да посети България и да посети Рилския манастир директно. :)

1 komentar:

  1. walaupun saya seorang muslim, sekilas ada kedamaian ketika menatap keindahan suasana di biara tersebut

    BalasHapus