Jumat, 18 April 2014

Earth Hour in Prambanan Temple

 


Earth Hour adalah gerakan di seluruh dunia untuk planet bumi yang diselenggarakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Acara ini diselenggarakan di seluruh dunia setiap tahunnya mendorong individu, masyarakat, rumah tangga dan bisnis untuk mematikan lampu non-esensial mereka selama satu jam yakni pada pukul 8:30-9:30 malam pada hari Sabtu terakhir bulan Maret, sebagai simbol untuk komitmen mereka terhadap planet bumi.

Gerakan ini terkenal dimulai sebagai acara lampu-off di Sydney, Australia pada tahun 2007. Sejak itu telah berkembang untuk terlibat lebih dari 7000 kota dan kota-kota di seluruh dunia. Dewasa ini, Earth Hour melibatkan masyarakat arus utama besar pada berbagai isu-isu lingkungan. Acara satu jam terus tetap menjadi pendorong utama pergerakan sekarang lebih besar. 

Pada tahun 2004, dihadapkan dengan temuan-temuan ilmiah, WWF Australia bertemu dengan agen periklanan Leo Burnett Sydney untuk mendiskusikan ide-ide untuk melibatkan Australia pada isu perubahan iklim. Ide switch skala besar diciptakan dan dikembangkan pada tahun 2006, awalnya diberi nama "The Big Flick". WWF Australia mempresentasikan konsep mereka kepada Fairfax Media. Bersamaan dengan itu, Walikota Sidyney Clover Moore sepakat untuk mendukung acara tersebut. The Earth Hour 2007 diadakan pada tanggal 31 Maret di Sydney, Australia pada 7:30 PM waktu setempat. 

Pada bulan Oktober 2007 San Francisco mencanangkan gerakan bernama "Lights Out". Program ini terinspirasi oleh Sydney Earth Hour. Setelah acara sukses mereka pada bulan Oktober, panitia memutuskan untuk terus menyelenggarakan gerakan ini tiap bulan Maret setiap tahunnya yang hingga sekarang terus didukung oleh lebih dari 96 negara di 5 benua. Kartu pos ini sendiri memperlihatkan Earth Hour di candi Prambanan, Yogyakarta. Terlihat di gambar atas Prambanan bermandikan cahaya sedangkan di bawahnya hanya terlihat siluet saja. Sekar, terima kasih banyak atas kartu pos ini juga mas Uul yang sudah menjadi donatur utama kartu pos ini :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar