Jumat, 18 April 2014

[Indonesia] Beautiful Borobudur Relief



Candi Borobudur adalah kuil Buddha Mahayana abad ke-9 yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini terdiri dari enam platform persegi di puncak dengan tiga platform melingkar dan dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Sebuah kubah utama, terletak di pusat dari platform atas yang dikelilingi oleh 72 patung Buddha duduk di dalam sebuah berlubang stupa. Saya jadi ingat salah satu tantangan Amazing Race yang harus menebak gaya patung Buddha tersebut. Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia serta salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Dinasti Sailendra, candi ini dirancang dalam arsitektur Buddha Jawa yang memadukan kultus asli Indonesia pemujaan leluhur dan konsep Buddha mencapai Nirvana. Candi ini juga menunjukkan pengaruh Gupta seni yang mencerminkan pengaruh India di wilayah tersebut namun ada ciri khas budaya dalam elemen yang digabungkan untuk membuat Borobudur khas Indonesia. 

Perjalanan bagi para peziarah dimulai di dasar monumen dan mengikuti jalan sekitar monumen dan naik ke atas melalui tiga tingkat kosmologi Buddhis simbolis : Kamadhatu (dunia keinginan), Rupadhatu (dunia bentuk) dan Arupadhatu (yang dunia tak berbentuk). Monumen memandu peziarah melalui sistem ekstensif tangga dan koridor dengan 1.460 panel relief cerita pada dinding dan langkan. Borobudur memiliki ansambel terbesar dan paling lengkap dari relief Buddha di dunia. Nah salah satu relief lainnya diperlihatkan di kartu pos kedua ini. 



Bukti menunjukkan Borobudur dibangun pada abad ke-9 dan ditinggalkan setelah penurunan abad ke-14 kerajaan Hindu di Jawa dan konversi Jawa ke Islam. Penemuan dunia luar akan keberadaannya dipicu pada tahun 1814 ketika Sir Thomas Stamford Raffles, pria berkewarganegaraan Inggris yang menyarankan penggalian lokasi candi dengan warga pribumi. Borobudur sejak itu terus diupayakan melalui beberapa restorasi. Proyek restorasi terbesar dilakukan antara tahun 1975 dan 1982 oleh pemerintah Indonesia dan UNESCO sekaligus menjadikan Borobudur sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi UNESCO sejak tahun 1991 hingga sekarang. 

Borobudur menjadi lokasi utama umat Buddha di Indonesia jika merayakan Waisak. Borobudur juga merupakan daya tarik wisata yang paling banyak dikunjungi tunggal di Indonesia. Saya pribadi pernah mengunjungi candi ini di tahun 2005. Memang candi yang indah dan megah. Terima kasih banyak kepada Sekar dan Fatima atas kiriman kartu pos Borobudur yang keren ini. Inilah kartu pos Borobudur pertama yang saya punya, yeay! Terima kasih ya ;)

Updated on 26th of August, 2014



Kartu pos yang spesial! kenapa? karena ditandatangani oleh Rakhmi Wijiharti, Putri Indonesia Jateng 2014. Aaa, terima kasih mas Sergio :) selalu suka deh kalo nerima kartu pos dari Tegal. Tulisannya bagus, gambarnya kece, klop! hahaha :) 

Update on 16th of December, 2014



Saya lupa, rasanya dulu ketika ke Borobudur di tahun 2005 lalu, saya tidak menemukan patung Buddha yang terbuka seperti ini. Wah harus balik ke Borobudur lagi nampaknya :) mbak Hani, terima kasih postcardnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar