Jumat, 18 April 2014

[Philippines] Baroque Churches



The Baroque Church of Philippines adalah adalah sebutan resmi untuk koleksi empat gereja era Spanyol di Filipina. Keempat gereja ini pula yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Situs Dunia yang harus dilindungi. Nah, salah satu dari keempat gereja itu terlihat di gambar utama kartu pos ini. Yakni Gereja San Augustin yang berada di Manila. Ketiga gereja lainnya ialah Gereja Santa Maria di Santa Maria, Ilocos Sur. Gereja San Agustin di Paoay dan terakhir Sto. Tomas Church Villanueva de di Miag-ao.

Gereja-gereja ini telah berada di garis depan dari sejarah Filipina, tidak hanya dalam memajukan kekristenan di Filipina namun keberadaan gereja-gereja ini turut andil dalam punggung politik pemerintahan kolonial Spanyol ketika Gereja dan Negara dianggap sebagai satu. Arsitektur yang unik dari gereja-gereja tidak hanya mencerminkan adaptasi dari Spanyol atau arsitektur Amerika Latin dengan lingkungan lokal ( termasuk fusi dengan motif Cina), tetapi juga dari pengaruh politik Gereja. 

Gereja-gereja ini pun tak luput menjadi sasaran serangan oleh pemberontakan lokal. Salah satu gereja bahkan pernah berfungsi sebagai benteng selama masa krisis. Yakni Gereja Maria Santa yang terletak di atas bukit. Gereja Miag-ao juga dijadikan tempat pertahanan dari serangan kelompok muslim dari selatan. Selanjutnya lokasi Filipina yang berada di sepanjang Cincin Api Pasifik menyerukan penekanan pada penopang dan dasar gereja ini karena beberapa gereja rusak parah akibat gempa bumi. 

Gereja San Agustin yang merupakan gereja utama di kartu pos ini adalah gereja Katolik Roma di bawah naungan The Order of St Augustine, terletak di dalam tembok kota bersejarah Intramuros di Manila. Selain ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di tahun 1993, di bawah kolektif Baroque Gereja Filipina. Gereja ini diangkat menjadi National Historical Landmark pemerintah Filipina pada tahun 1976. Mbak Yessi, terima kasih atas kartu posnya :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar