Rabu, 30 April 2014

[Malaysia] The Penang Hill Railway



Penang adalah negara bagian di Malaysia yang terletak di pantai barat laut Semenanjung Malaysia, Selat Malaka. Daerah ini berbatasan dengan Kedah di utara dan timur, dan Perak di selatan. Penang adalah negara bagian (semacam provinsi) terkecil kedua di Malaysia setelah Perlis. Nama "Penang" berasal dari nama bahasa Melayu Modern Pulau Pinang yang berarti "Island of the Arecea Nut Palm". Nama Penang dapat merujuk baik ke pulau Penang (Pulau Pinang) atau negara bagian Penang (Negeri Pulau Pinang).

Penang sering dikenal sebagai "The Pearl of the Orient" , "东方 花园" ( Taman Timur ) dan Pulau Pinang Pulau Mutiara (Penang, Pulau Mutiara). Penang disingkat sebagai "PG" atau "PP" dalam bahasa Melayu. Pada abad ke-15, Pulau Penang disebut sebagai Binlang Yu (Cina disederhanakan :槟榔屿; tradisional Cina :槟榔屿) dalam gambar navigasi yang digunakan oleh Admiral Zheng He Ming - dinasti China dalam ekspedisi ke Laut Selatan. Di abad ke-16 dalam peta yang dibuat oleh sejarawan Portugis bernama Emanuel Godinho de Eredia , dalam bukunya " Deskripsi Malaca " yang dibuat pada tahun 1613 Penang disebut sebagai Pulo Pinaom

Gambar utama di kartu pos ini adalah tram kabel yang berada di The Penang Hill. Yakni kereta api yang berjalan menuju Bukit Penang dari Air Itam, dekat George Town di pulau Penang di Malaysia. Pembangunan kereta api mulai dilakukan antara tahun 1906-1923, dengan biaya 1,5 juta dolar Straits. Kereta api ini dibuka untuk umum pada tanggal 21 Oktober 1923. Mobil baru diberikan pada tahun 1977. 

George Town yang merupakan ibukota Penang adalah situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Prangko yang ada di kartu pos ini memperlihatkan Bunga Tiga Bulan (Hydrangea macrophylla) yakni spesies Hydrangea yang berasal dari Jepang. Di Malaysia, bunga ini juga dikenal sebagai Pokok Bunga Siti Zubaidah. Mas Agung, terima kasih atas kartu pos yang keren ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar