Minggu, 20 April 2014

[Suriname] Port Zeelandia in Paramaribo



Suriname secara resmi dikenal dengan nama Republik Suriname yakni sebuah negara di pantai Atlantik timur laut Amerika Selatan yang pernah dijajah oleh Inggris dan Belanda pada abad ke-17. Pada tahun 1667 Suriname berada di bawah kekuasaan Belanda yang oleh Belanda negara ini disebut sebagai Dutch Guiana hingga tahun 1954 dimana Suriname ditetapkan sebagai salah satu negara konstituen dari Kerajaan Belanda. Pada tanggal 25 November 1975, negara Suriname meninggalkan Kerajaan Belanda untuk merdeka dan mandiri.

Suriname adalah negara berdaulat terkecil di Amerika Selatan. Suriname juga hanya memiliki penduduk sekitar 566.000 jiwa saja yang sebagian besar tinggal di pantai utara negara itu di mana ibukota Paramaribo berada. Suriname adalah sebuah negara yang sebagian besar berbahasa Belanda -Sranang dan bahasa Kreol yang berbasis bahasa Inggris.

Mulanya, daerah ini ditempati oleh berbagai budaya masyarakat adat jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa. Nama Suriname mungkin berasal dari Taino (Arawak berbahasa) masyarakat adat yang disebut Surinen, yang mendiami daerah tersebut pada saat kontak Eropa. Pemukim Inggris, yang mendirikan koloni Eropa pertama di Marshall Creek sepanjang Sungai Suriname lantas dieja namanya sebagai "Suriname". Ketika wilayah diambil alih oleh Belanda ejaan resmi dari nama bahasa Inggris di negara itu berubah dari "Surinam" ke "Suriname" pada bulan Januari 1978, tetapi "Surinam" masih dapat ditemukan dalam bahasa Inggris. Sebuah contoh penting adalah maskapai penerbangan nasional Suriname, Surinam Airways.

Bangunan yang ada di kartu pos ini adalah Fort Zeelandia yang merupakan sebuah benteng di Paramaribo yang dibangun oleh kolonis Inggris (awalnya bernama Fort Willoughby) pada tahun 1651 sekitar masa pos perdagangan kecil yang diciptakan oleh Belanda. Benteng ini kemudian kembali ke Belanda dan dikenal sebagai Nieuw-Amsterdam, yang lalu berganti nama menjadi New York yang telah diperdagangkan untuk Suriname dengan Kerajaan Inggris dan itu diberi nama yang sekarang pada tahun 1667.

Inilah negara dimana sebagian penduduknya bisa berbahasa Jawa :) hal ini dikarenakan masyarakat Jawa (dulu masih Hindia Belanda) bermigrasi ke negara ini sekitar tahun 1880 hingga 1900. Fort Zeelandia adalah salah satu bangunan yang berada di kota Paramaribo yang oleh UNESCO secara keseluruhan ditetapkan sebagai salah satu Warisan Situs Dunia yang harus dilindungi. Prangkonya memperlihatkan burung Kolibri :) Hartelijk dank voor dit mooie briefkaart. Ik ben zo blij om een ​​ansichtkaart ontvangen van Suriname naar mijn postkaart galerij weer :) voltooien, dank u voor uw vriendelijkheid, Cheryll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar