Minggu, 13 April 2014

[Spain] Beautiful Jaén City



Jaén adalah sebuah kota di selatan-tengah Spanyol. Nama ini berasal dari kata Arab khayyān yang berarti Persimpangan Kafilah. Jaén juga merupakan ibu kota provinsi bernama sama -Jaén yang terletak di komunitas otonom Andalusia. Penduduk kota Jaén dikenal dengan nama Jiennenses. Baru-baru ini Jaén telah mengalami peningkatan besar dalam hal wisata budaya. Kota ini juga dikenal sebagai World Capital of Olive Oil karena Jaén adalah produsen minyak terbesar yang dikenal oleh penduduk setempat sebagai emas cair.

Tata letak Jaén ditentukan oleh posisinya di bukit-bukit pegunungan Santa Catalina, dengan curam, jalan-jalan sempit di distrik bersejarah pusat kota. Kota Jaén adalah pusat administrasi dan industri untuk provinsi. Perusahaan industri di kota ini termasuk karya kimia, penyamakan kulit, penyulingan, pabrik kue dan pabrik tekstil. Pada 1 April 1938, selama Perang Saudara Spanyol, kota Jaén sempat dibom oleh Nazi .

Bagunan utama yang terlihat di kartu pos itu ialah Katedral Jaén yakni katedral Spanyol bergaya renaissance yang terletak di Santa Maria Square tepatnya di seberang Balai Kota dan Istana Episcopal. Santa Maria Square adalah situs bersejarah di Jaén. Katedrel ini pun berdiri di atas tanah yang sama dimana dulunya berdiri sebuah masjid tua.

Pembangunan katedral dimulai pada 1249 di atas reruntuhan masjid kuno. Katedreal ini sempat rusak dan dibangun kembali pada berbagai kesempatan selama dua abad berikutnya sampai abad ke-16 ketika beberapa arsitek dimana salah satu diantaranya Andrés de Vandelvira menjadi orang yang paling penting dalam pembangunan bagian terbesar katedral ini. Elemen arsitektur yang lebih representatif adalah façade, yang dirancang oleh Eufrasio López de Rojas dan diukir oleh Pedro Roldán. Sekarang, Katedral Jaén merupakan salah satu daftar tentatif UNESCO WHS.

Ketiga prangko yang digunakan bertuliskan Correos atau bernama lengkap Sociedad Estatal de Correos y Telégrafos, SA, yakni layanan pos nasional Spanyol, seperti yang diakui oleh Universal Postal Union. Perusahaan ini 100% milik negara, melalui Industrial Holding Company Negara (SEPI). Prangko menarik di atas kartu pos yang indah. Juan, terima kasih banyak :) Juan, muchas gracias por esta hermosa postal. Me encanta esta postal :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar