Sabtu, 12 April 2014

[Egypt] Sphinx and Pyramid

 


Sphinx adalah makhluk mitos bertubuh singa namun berkepala manusia. Dalam tradisi Yunani, mahkluk ini bahkan digambarkan dengan sayap burung yang besar. Berbeda dengan Sphinx Yunani yang seorang wanita, Sphinx Mesir biasanya digambarkan sebagai pria (androsphinx). Selain itu, Sphinx Mesir dipandang sebagai dermawan dan memliki kekuatan hebat dan sering ditempatkan di depan pintu masuk kuil karena dianggap sebagai penjaga.

Dalam seni dekoratif Eropa, sphinx dikenal selama masa Renaissance. Kemudian, gambar sphinx, sesuatu yang sangat mirip dengan konsep Mesir asli Kuno, diekspor ke banyak budaya lain, meskipun sering diartikan cukup berbeda karena terjemahan deskripsi dari aslinya dan evolusi konsep dalam kaitannya dengan tradisi budaya lainnya. Umumnya peran sphinx dikaitkan dengan struktur arsitektur seperti makam kerajaan atau kuil agama. Sphinx paling tua yang diketahui sphinx ditemukan di dekat Gobekli Tepe di situs Nevali Cori, Turki.

Gambar lain yang terlihat di kartu pos ini adalah sebuah Piramida, yakni struktur bangunan yang permukaan luarnya berbentuk segitiga dan bertemu di suatu titik. Dasar piramida sendiri dapat berbentuk trilateral, segiempat atau juga poligon. Piramida telah dibangun oleh peradaban di banyak bagian dunia. Selama ribuan tahun, struktur terbesar di Bumi adalah Piramida Merah di Dashur Necropolis dan kemudian Great Pyramid of Khufu. Keduanya berada di Mesir adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang masih tersisa. Dan juga menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Khufu Piramida dibangun terutama dari batu kapur (dengan blok granit merah besar digunakan dalam beberapa ruang interior), dan dianggap suatu maha karya arsitektur. Ini berisi sekitar 1.300.000 blok mulai dari berat 2,5 ton sampai 15 ton dan dibangun di atas dasar persegi dengan sisi berukuran sekitar 230 m (755 ft), yang meliputi 13 hektar. Hal ini masih menjadi piramida tertinggi. Namun piramida terbesar ialah Piramida Besar Cholula, di negara bagian Meksiko, Puebla.

Salah satu prangko kartu pos ini memperlihatkan Nofret, salah satu putri dan bangsawan yang tinggal di Mesir Kuno selama dinasti ke-4 Mesir. Nama putri ini diambil dari kata Nefert yang berarti indah. Putri ini menikah dengan Pangeran Rahotep yang merupakan anak dari Firaun Sneferu. Maria, terima kasih banyak atas kartu pos yang bagus ini. Maria, شكرا جزيلا لك على هذه البطاقة البريدية

Update on 27th, May 2014



Kartu pos kiriman mbak Restu ini jauh lebih keren ketimbang kartu pos sebelumnya yang saya terima :) menarik sekali melihat unta-unta berada di sekitaran Piramida. Keren! Terima kasih banyak atas kiriman kartu posnya mbak Restu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar