Rabu, 30 April 2014

[Turkey] Hagia Sophia



Hagia Sophia (dari bahasa Yunani : Ἁγία Σοφία yang berarti "Kebijaksanaan Suci") adalah sebuah bekas basilika Ortodoks Yunani patriarkal (gereja) yang kemudian beralih fungsi menjadi masjid kekaisaran dan sekarang menjadi museum di Istanbul, Turki. Dari tanggal pembangunannya di tahun 537 hingga 1453 Hagia Sophia berfungsi sebagai katedral Ortodoks Timur dan kursi dari Patriarkat Konstantinopel kecuali di antara tahun 1204 dan 1261 dimana ketika itu diubah menjadi katedral Katolik Roma di bawah Kekaisaran Latin. Bangunan itu menjadi sebuah masjid dari tanggal 29 Mei 1453 hingga tahun 1931. Sejak tanggal 1 Februari 1935 bangunan ini berubah menjadi museum. 

Gereja ini didedikasikan untuk Wisdom of God, Logos orang kedua dari Tritunggal Mahakudus. Dulu Hagia Sophia disebut sebagai Sancta Sophia (seolah-olah itu diambil dari nama Saint Sophia). Bangunan ini terkenal khususnya dari kubah besar yang dianggap sebagai lambang arsitektur Bizantium dan disebut-sebut sebagai salah satu karya yang "Mengubah Sejarah Arsitektur" dan pernah menjadi katedral terbesar di dunia selama hampir seribu tahun.  

Pada tahun 1453, Konstantinopel ditaklukkan oleh Ottoman Turki di bawah Sultan Mehmed II yang memerintahkan gereja utama ini dari Kristen Ortodoks diubah menjadi masjid. Pada titik ini, Gereja telah dalam keadaan rusak. Namun demikian, katedral Kristen membuat kesan yang kuat pada penguasa Ottoman baru dan mereka memutuskan untuk mengubahnya menjadi masjid. Dari konversi awal sampai pembangunan di dekatnya lebih besar Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque Istanbul ) pada tahun 1616 Hagia Sophia menjadi inspirasi bagi banyak masjid Ottoman lainnya, seperti Masjid Biru, Masjid Sehzade, Masjid Raya Sulaimaniah, Masjid Rustem Pasha dan Masjid Kilic Ali Pasa.

Prangko pertama memperlihatkan makanan khas Turki. Prangko kedua bergambar Crocus mathewii , sejenis bunga. Saya menyaksikan kemegahan Hagia Sophia melalui sebuah film beberapa waktu lalu. Salah satu harapan saya untuk dapat menyaksikan Hagia Sophia ini secara langsung suatu hari nanti :) Hera, thank you very much for sending me a beautiful postcard. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar