Jumat, 18 April 2014

[Côte d'Ivoire] Traditional Dance in Ivory Coast



Di Indonesia, negara ini dikenal dengan nama Pantai Gading (Ivory Coast) yang secara resmi bernama Republik Côte d' Ivoire adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan langsung dengan Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso dan Ghana. Di sebelah selatan, Pantai Gading berbatasan dengan  sepanjang Teluk Guinea.

Sebelum penjajahan Eropa, Pantai Gading adalah rumah bagi beberapa negara. Termasuklah diantaranya Gyaaman, Kekaisaran Kong dan Baoule. Ada dua kerajaan Anyi, Indénié dan Sanwi yang berusaha untuk mempertahankan identitas terpisah mereka melalui masa kolonial Perancis dan setelah kemerdekaan. Di tahun 1843-1844 sebuah perjanjian dibuat Pantai Gading protektorat Perancis sehingga pada tahun 1893 Pantai Gading menjadi koloni Perancis sebagai bagian dari perebutan Eropa untuk Afrika.

Pantai Gading merdeka pada tanggal 7 Agustus 1960. Dari 1960-1993 negara ini dipimpin oleh Félix Houphouët-Boigny yang berhasil mempertahankan hubungan politik dan ekonomi yang erat dengan negara tetangganya di kawasan Afrika Barat pun pada saat yang sama menjaga berhasil menjaga hubungan dekat dengan Barat, khususnya ke Prancis. Sejak akhir pemerintahan Houphouët-Boigny itu, Pantai Gading telah mengalami satu kudeta di pada tahun 1999 dan perang saudara yang pecah pada tahun 2002. Sebuah kesepakatan politik antara pemerintah dan pemberontak dibawa kembali ke perdamaian.

Pantai Gading adalah sebuah republik dengan kekuasaan eksekutif yang kuat diinvestasikan dalam Presiden Pantai Gading. Secara de jure negara ini beribukotakan Yamoussoukro dan kota terbesar adalah kota pelabuhan Abidjan. Negara ini dibagi menjadi 19 wilayah dan 81 departemen. Berbahasa resmi Perancis dan agama utamanya ternyata adalah Islam, Kristen (terutama Katolik Roma) dan berbagai agama pribumi. 

Kartu pos ini memperlihatkan penduduk lokal wanita Pantai Gading yang memakai pakaian tradisional sedang menari bersama-sama. Prangkonya memperlihatkan taman arkeologi Ahouakro yang terletak di utara Tiassalé Department, Côte d'Ivoire. Prangko lainnya memperlihatkan Tapinanthus yang merupakan genus tanaman dalam kelarga Loranthaceae. Sungguh perpaduan kartu pos dan prangko yang sangat menarik. :) Natalia, je vous remercie beaucoup pour échanger avec moi. J'aime la carte postale et aussi les timbres. Totalement génial!

2 komentar: