Rabu, 30 April 2014

[Greece] Meteora Monasteries



The Meteora (Yunani : Μετέωρα) bisa diterjemahkan sebagai "Tengah Langit","Tergantung di Udara" atau "Di Langit di Atas" atau secara etimologis berhubungan dengan "Meteorit" merupakan salah satu biara terbesar dan paling penting bagi biara-biara Ortodoks Timur di Yunani. Ini tempat terbesar dan terpenting kedua setelah Gunung Athos. Ke-6 biara dibangun di atas pilar batu pasir alam di tepi barat laut Dataran Thessaly dekat Sungai Pineios dan Pegunungan Pindus di pusat kota Yunani.

The Theopetra Caves yang terletak 5 km dari Meteora sudah dihuni oleh penduduk sejak lima puluh ribu tahun yang lalu. Contoh tertua dari struktur buatan manusia ditemukan di dalam sebuah gua prasejarah di Yunani tengah. Struktur tersebut adalah dinding batu yang menghalangi dua yakni pertiga dari pintu masuk ke gua Theopetra dekat Kalambaka di tepi utara dari dataran Thessalia. Itu dibangun 23.000 tahun yang lalu dengan tujuansebagai penghalang untuk angin dingin. 

Orang-orang pertama yang menghuni Meteora tinggal di cekungan dan celah di menara batu. Beberapa di antaranya mencapai ketinggian 550 m di atas dataran. Hal ini dikombinasikan dengan sheerness dari dinding tebing. Awalnya para pertapa menjalani kehidupan kesendirian dan bertemu hanya pada hari Minggu dan hari-hari khusus untuk beribadah dan berdoa di sebuah kapel yang dibangun di kaki batu yang dikenal sebagai Dhoupiani. Pada awal abad ke-11 Masehi biarawan pertapa diyakini hidup di antara gua-gua dan bebatuan. Untuk melihat gambaran jelas tempat ini, mari saya perlihatkan videonya. 


Pada akhir abad ke-14, Kekaisaran Bizantium yang memerintah selama 800 tahun sedang semakin terancam oleh perampok Turki yang ingin mengambil alih dataran Thessaly. Para biarawan pertapa memilih mundur dan hal ini membuka kesempatan bagi pendudukan Turki untu berkembang dan menjadikan Meteora sebagai tempat perlindungan yang ideal. Pada 1517, Nectarios dan Theophanes membangun biara Varlaam, yang konon rumah jari St John dan tulang belikat dari St Andrew.

Akses ke biara-biara awalnya sengaja dipersulit karena membutuhkan tangga panjang yang diikat atau jaring besar yang digunakan untuk mengangkut barang maupun orang. Sampai abad ke-17, alat utama untuk mengangkut barang dan orang dari eyries ini dengan cara menggunakan keranjang dan tali. Enam biara tetap digunakan hari ini. Dari enam ini, empat dihuni oleh laki-laki dan dua perempuan. Setiap biara memiliki kurang dari 10 jiwa. Walaupun Meteora ini sejatinya komplek biasa, dikarenakan keindahannya, kawasan yang dilindungi UNESCO ini menjadi lokasi wisata favorit bagi para pelancong. 

Janis, σας ευχαριστώ πολύ για αυτή την καταπληκτική και θαυμάσια καρτ-ποστάλ. Ελπίζω ότι κάποια μέρα θα μπορούν να ταξιδεύουν εκεί άμεσα! aaaaa, θέλω να το δω!


3 komentar:

  1. Aaah.. dari Prof. Janis :)
    Beliau temen ngobrol yang baik banget yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Dee. Swap satu kartu jadi dua kartu eh trus yang dikirimin malah 3 ++ beberapa booklet. Aaaa senaaang :) *kartu lainnya masih ngantri buat diposting*

      Hapus
    2. postcard2 kami belum pada nyampe sih, soalnya baru juga beberapa hari yang lalu.. :) tapi selama ini ngobrol ama beliau itu nyenengin. baik banget :)

      Hapus