Selasa, 01 April 2014

[Ireland] The Rock of Dunamase



Dunamase atau The Rock of Dunamase (Irish: Dún Masc yang berarti "Benteng Maskara") adalah singkapan berbatu di Townland Park atau Dunamase, paroki sipil Dysartenos, baron dari Maryborough Timur, County Laois rock. Bebatuan ini berdiri di atas ketinggian 46 meter (151 kaki) di atas dataran datar, memiliki reruntuhan Dunamase Castle, benteng kencan defensif dari awal periode Anglo-Norman dengan pandangan di ke Slieve Bloom Mountains. Hal ini dekat jalan N80 antara kota Portlaoise dan Stradbally.

Penggalian arkeologi pada 1990-an menunjukkan bahwa Rock pertama kali menetap di abad ke-9 ketika sebuah bukit benteng atau Dun dibangun di situs. Pada 845 Viking dari Dublin menyerang situs dan kepala biara Terryglass, Aed anak Dub Dá Chrích, tewas di sana. Kastil ini dibangun pada paruh kedua abad ke-12. Yang membangunnya tidak tercatat, tetapi Meiler Fitzhenry adalah kandidat yang paling mungkin . Strongbow kemungkinan lain, karena dialah yang menguasai Leinster sebagai pewaris Dermot McMurrough.

Dengan pernikahan putri Strongbow dan ahli waris, Isabel, benteng jatuh ke tangan keluarga Marshal. William Marshal, yang kemudian menjadi Bupati Inggris dalam minoritas Henry III, memiliki lima anak, semuanya menggantikannya pada gilirannya dan meninggal tanpa masalah. Jadi di 1247 tanah Marsekal dibagi di antara lima anak William. Dunamase jatuh ke Eva Marshal dan kemudian putrinya, Maud, yang menikah dengan Roger Mortimer. Puri tetap di tangan Mortimer sampai 1330 ketika lain Roger Mortimer dieksekusi karena pengkhianatan. Pada saat keluarga Mortimer direhabilitasi benteng tampaknya telah berlalu keluar dari wilayah di bawah kekuasaan Norman. Tidak ada bukti bahwa benteng diambil alih dan digunakan oleh para bangsawan Irlandia lokal dan tampaknya telah menjadi shell menghancurkan dengan 1350.

Juga tidak ada bukti bahwa benteng itu menduduki kembali di abad ke-17. Ini tidak memainkan bagian dalam perang Cromwellian, kecuali bahwa itu diledakkan pada tahun 1650 untuk mencegah digunakan . Pada abad ke-18 nanti Sir John Parnell mulai membangun ruang pesta di dalam reruntuhan dan pekerjaan ini dimasukkan detail arsitektur abad pertengahan yang diambil dari situs lain di daerah . Ini adalah fitur yang telah menyebabkan beberapa penulis untuk percaya bahwa ada kemudian abad pertengahan membangun kembali dan pendudukan kembali kastil.

Kartu yang keren! :) prangko pertama memperlihatkan Belut Eropa (Anguilla anguilla) yakni spesies belut atau ikan catadromous yang seperti ular. Panjang hewan ini bisa mencapai 1,5 meter! Prangko kedua bergambar Armenia maritima yakni tanaman bunga yang populer dan hampir terdapat di semua belahan dunia. Prangko terakhir bergambar Port of Cork yakni pelabuhan utama yang melayani Irlandia Selatan dan salah satu pelabuhan tersibuk kedua di Irlandia. Wendy, thank you so much for this beautiful postcard. I love it ^^

2 komentar:

  1. Wanna b my snail mail penpal and swap loads?
    ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Manu :) sure, I want swap with you. Do you have swap album? :)

      Hapus