Kamis, 01 Mei 2014

[Mexico] Amazing Monte Albán



Monte Alban adalah sebuah situs arkeologi pra-Columbus yang terletak di kota Santa Cruz Xoxocotlan di negara bagian Meksiko selatan, Oaxaca. Situs ini terletak di jajaran pegunungan rendah di atas dataran di bagian tengah Lembah Oaxaca di mana utara Elta yang terakhir, timur del Centro dan selatan Zimatlán & Ocotlan (atau Valle Grande) bertemu dalam satu cabang. 

Monte Alban terletak di atas sebuah bukit buatan diratakan dengan ketinggian sekitar 1.940 m di atas permukaan laut. Selain inti monumental tersebut, situs ini ditandai dengan beberapa ratus teras buatan dan selusin kelompok arsitektur mounded mencakup seluruh punggung bukit dan sekitarnya panggul (Blanton 1978). Reruntuhan arkeologi di dekatnya Atzompa dan El Gallo bukit di utara secara tradisional dianggap sebagai bagian integral dari kota kuno juga.

Selain menjadi salah satu kota yang paling awal dari Mesoamerika, Monte Alban juga memiliki peran penting yakni perannya sebagai pusat sosio-politik dan ekonomi unggulan Zapotec selama hampir seribu tahun lamanya. Didirikan pada akhir periode formatif Tengah pada sekitar 500 SM oleh Terminal Formatif, Monte Alban telah menjadi ibukota ekspansionis pemerintahan skala besar yang mendominasi sebagian besar dataran tinggi Oaxacan dan berinteraksi dengan negara Mesoamerika lainnya regional seperti Teotihuacan di sebelah utara.

Monte Alban adalah salah satu warisan situs dunia yang dilundungi oleh UNESCO. Terdapat 3 prangko di kartu pos ini. Dua diantaranya ditumpuk karena ukurannya yang terlalu besar. Prangko tersebut memperlihatkan cabang olahraga bela diri. Kartu pos yang keren! Ivi, Yeaay, muchas gracias por esta hermosa postal y sellos. Me encanta esa combinación ^ ^ espero que algún día pueda viajar y ver ese lugar directamente :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar