Selasa, 03 Juni 2014

[Botswana] Beautiful Botswana



Botswana secara resmi Republik Botswana (Tswana : Lefatshe la Botswana) adalah sebuah negara yang terkurung daratan yang terletak di Afrika Selatan. Warga menyebut diri mereka sebagai Batswana (tunggal : Motswana). Dahulu protektorat Inggris dari Bechuanaland, Botswana mengadopsi nama baru setelah menjadi independen dalam Commonwealth pada 30 September 1966. Botswana adalah negara yang datar bahkan 70% wilayahnya ditutupi oleh Gurun Kalahari.  

Botswana adalah salah satu negara yang paling jarang penduduknya di dunia. Botswana adalah salah satu negara termiskin di Afrika ketika memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1966. Namun Botswana telah berubah. Negara ini kini menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia dengan PDB ( paritas daya beli ) per kapita dari sekitar $ 16.400 per tahun pada tahun 2013! Yuk jalan-jalan ke Botswana :)


Pada abad ke-19, permusuhan pecah antara Tswana penduduk Botswana dan Ndebele suku yang sedang membuat serangan ke wilayah dari utara-timur. Ketegangan juga meningkat dengan pemukim Belanda Boer dari Transvaal ke timur. Setelah permohonan pemimpin Batswana Khama III, Bathoen dan Sebele untuk bantuan Pemerintah Inggris menempatkan Bechuanaland di bawah perlindungannya pada tanggal 31 Maret 1885. Wilayah utara tetap di bawah pemerintahan langsung sebagai Protektorat Bechuanaland dan modern Botswana, sementara wilayah selatan menjadi bagian dari Cape Colony dan kini menjadi bagian dari provinsi barat laut Afrika Selatan. Mayoritas penduduk yang berbahasa Setswana saat ini hidup di Afrika Selatan.

Kartu pos ini memperlihatkan wajah Botswana. Yakni hewan-hewan yang ada di sana dan juga penduduk lokal. Di kanan bawah terlihat gambar Sungai Chobe. Beruntung sekali saya menjadi salah satu orang yang terpilih untuk diajak bertukar kartu pos. Natalie, this is a wonderful postcard. Thank you so much for swapping with me. :)

12 komentar:

  1. Tsawanadom (Bostwana) ini unik... di situ terdapat tambang berlian dan penghasil gading gajah, plus suaka gajah dan margasatwa langka dunia (Chobe National Park) - tapi termiskin di dunia:(

    well well...
    speechless

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga nanti Botswana bisa lebih maju, amiiin.

      Hapus
  2. Wah kalo mayoritas wilayahnya gurun berarti panas bangettt ya.
    Seneng ya punya teman dari negara yg jauh banget.


    Kak Yayan pernah traveling ke Afrika kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah mbak. Mungkin negara pertama di Afrika yang akan didatangi nanti antara Mesir atau Maroko. Bismillah.

      Hapus
  3. Wah, ini bw yang ke sekian ke Blognya. Keren banget, Omnduut! Bisa bertukar postcard dengan teman dari luar Indonesia.

    BalasHapus
  4. Kadang saya berpikir napa orang Inggris dan koloninya itu suka menjajah. Tahu kalau negara itu menghasilkan, dikeruklah harta karunnya. Tapi negara itu jadi miskin.

    Bostwana ini memiliki keindahan yang menakjubkan dan hewan-hewan yang masih ganas. Semoga tetap indah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bukannya sama-sama membangun. Tapi negara jajahan Inggris aku ngeliatnya lebih banyak makmur ketimbang jajahan Belanda. Ops.

      Hapus
  5. jadi ingat nih dulu diriku tahu aktivitas postcrossing ini setelah baca tulisan yayan di MP. sekarang masih sering kirim kartu pos nggak yan? aku sudah nggak lagi. he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru aktif postcrossingan setelah MP tewas mbak. Kayanya yang dulu di MP cuma pamer koleksi aja :)

      Sekarang udah nggak lagi. Cuma masih terima beberapa kiriman kartu pos ih.

      Hapus
  6. Gajah-gajah Botswana yang gagah dan indah.
    Pemandangan sederhana juga penduduknya yang terlihat penuh dengan senyuman ramah.
    Penasaran dengan tempat wisata terkenal di Botswana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun, walau kataknya Botswana jauuuh banget :)

      Hapus