Senin, 02 Juni 2014

[Fiji] Hasta Manana



Fiji adalah negara yang secara resmi bernama Republik Fiji (Fiji Hindi : रिपब्लिक ऑफ फीजी ) yakni sebuah negara pulau di Melanesia di Samudra Pasifik Selatan sekitar 1.100 mil laut arah timur laut dari Selandia Baru. Negara kepulauan ini terdiri lebih dari 332 pulau dimana 110 diantaranya dihuni secara permanen. Pulau terjauh adalah Onu-i-Lau. Dua pulau besar, Viti Levu dan Vanua Levu menjadi tempat populasi hampir 860.000 penduduk.

Ibukota dan kota terbesar, Suva terletak di Viti Levu. Sebagian besar pulau Fiji dibentuk melalui aktivitas gunung berapi mulai sekitar 150 juta tahun yang lalu. Saat ini beberapa aktivitas panas bumi masih terjadi di pulau Vanua Levu dan Taveuni. Fiji sendiri telah dihuni sejak milenium kedua SM. Pada abad ke-17 dan ke-18, Belanda dan Inggris mengeksplorasi Fiji  yang merupakan Crown Colony sampai tahun 1970. Mari saya perlihatkan sejenak Kepulauan Fiji.


Selama Perang Dunia II, ribuan sukarela Fiji membantu dalam upaya Sekutu melalui keterikatan mereka ke Selandia Baru dan unit tentara Australia. Republik Militer Fiji (RFMF) terbentuk dari unit angkatan laut dan darat. Kini, Fiji memiliki salah satu perekonomian paling maju di alam kepulauan Pasifik karena kelimpahan hutan, mineral dan sumber daya ikan. Saat ini, sumber utama devisa industri pariwisata dan ekspor gula.

Hasta Manana adalah kata-kata yang tertulis di balik kartu pos ini. Artinya adalah "See you tomorrow". Kartu pos yang menarik karena memperlihatkan penduduk Fiji yang mirip seperti orang Indonesia timur. Saya mendapatkan kartu pos ini dari Lily sebagai projek sekolahnya. Lily, thank you so much for this beautiful postcard :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar