Jumat, 06 Juni 2014

[India] Red Fort



The Red Fort adalah kediaman kaisar Mughal dari India selama hampir 200 tahun tepatnya didiami sampai 1857. Red Fort terletak di pusat Delhi dan menjadi 'rumah' bagi sejumlah museum. Selain menampung para kaisar dan rumah tangga mereka, itu adalah pusat seremonial dan politik pemerintah Mughal dan pengaturan untuk acara kritis mempengaruhi wilayah tersebut.

The Red Fort dibangun sebagai istana berbenteng Shahjahanabad, ibukota kelima Kaisar Mughal Shah Jahan tepatnya dibangun pada tahun 1648. Dinamakan Red Fort karena dinding benteng ini sangat besar dan terbuat dari batu pasir merah. Letaknya berdekatan dengan Salimgarh Fort yang dibangun oleh Shah Suri pada tahun 1546. Apartemen kekaisaran terdiri dari deretan paviliun dan dihubungkan oleh saluran air yang dikenal sebagai Stream of Paradise (Nahr-i-Behisht). Yuk, jalan-jalan ke Red Fort.


The Red Fort dianggap mewakili simbol puncak kreatifitas Mughal Shah Jahan. Meskipun istana direncanakan sesuai dengan prototipe Islam, masing-masing paviliun mengandung unsur-unsur arsitektur khas bangunan Mughal, mencerminkan perpaduan dari Timurid, Persia dan tradisi Hindu. Gaya arsitektur yang inovatif dari The Red Fort termasuk desain taman, menjadikan sebuah komposisi yang menarik sehinga Red Fort ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007.

Selain itu, The Red Fort adalah simbol ikon India. Pada Hari Kemerdekaan biasanya perdana menteri memasang bendera nasional di gerbang utama benteng dan menyampaikan pidato yang disiarkan secara nasional dari benteng ini. Luar biasa! mbak Linda, terima kasih banyak atas kiriman kartu posnya. Sukaaaaaaaa banget :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar