Kamis, 12 Juni 2014

[Jordan] Wonderful Petra



Jordan atau yang secara resmi bernama The Hashemite Kingdom of Jordan atau Kerajaan Yordania yakni sebuah kerajaan Arab yang terletak di Asia Barat tepatnya di Timur tepi Sungai Yor dan meluas hingga ke wilayah bersejarah Palestina. Jordan berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan timur, Irak ke Suriah utara-timur, utara, dan Palestina, Laut Mati dan Israel ke barat.

Kerajaan ini muncul dari pasca Perang Dunia I saat pembagian Asia Barat oleh Inggris dan Perancis. Pada tahun 1946, Yordania menjadi negara berdaulat yang independen secara resmi dikenal sebagai Hashemit Kerajaan Yordan. Setelah memperoleh wilayah tepi barat/west bank selama Perang Arab-Israel di tahun 1948, Abdullah I mengambil gelar Raja Yordania dan Palestina. Nama negara diubah menjadi The Hashemite Kingdom of Jordan pada tanggal 1 Desember 1948.

Saat ini Jordan menjadi rumah untuk beberapa suku Semitic yang menggunakan bahasa Kanaan yakni bahasa kerajaan kuno. Termasuklah Kerajaan Edom, Kerajaan Moab, Kerajaan Amon, Kerajaan Israel dan juga Suku Amalek. Sepanjang era yang berbeda dari sejarah, wilayah dan bangsa yang tunduk pada kendali kerajaan asing yang kuat. Diantaranya Kekaisaran Akkadia (2335-2193 SM), Mesir Kuno (15 sampai abad 13 SM) dan beberapa kerajaan lainnya. Kartu pos ini memperlihatkan Petra. Mari kita jalan-jalan dulu ke sana :)


Petra (Arab: البتراء, Al-Batra ʾ; Yunani Kuno: Πέτρα) adalah sebuah kota bersejarah dan arkeologi di Yordania Governorat Ma'an selatan yang terkenal dengan arsitektur rock-cut dan sistem saluran air. Nama lain untuk Petra adalah Rose City karena warna batu dari yang diukir.

Didirikan sekitar awal tahun 312 SM sebagai ibu kota Nabataeans, Petra adalah simbol Yordania serta menjadi tempat yang paling sering dikunjungi Wisatawan. Petra terletak di lereng Jebel al-Madhbah (diidentifikasi oleh beberapa orang sebagai Gunung Hor di Alkitab) dalam ceruk antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Araba (Wadi Araba), lembah besar berjalan dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Karena keindahannya dan sangat bersejarah Petra telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi UNESCO sejak tahun 1985. Petra juga ditetapkan sebagai salah satu UNESCO Intangible Cultural Heritage.

Situs ini masih belum diketahui oleh dunia Barat sampai pada tahun 1812, ketika penjelajah Swiss, Johann Ludwig Burckhardt memperkenalkannya. Petra digambarkan sebagai "A rose-red city half as old as time" dalam sebuah puisi Newdigate pemenang Hadiah oleh John William Burgon. Selain itu, Petra juga sudah ditetapkan sebagai 7 Keajaiban Baru Dunia baru-baru ini. 

Terdapat dua prangko di kartu pos ini. Pertama memperlihatkan buah Citrus atau Lemon. Prangko kedua memperlihatkan Palestine Sunbird atau Northern Orange-berumbai (Cinnyris osea) adalah burung passerine kecil dari keluarga sunbird yang ditemukan di bagian Timur Tengah dan Afrika sub-Sahara. Mervat, هذا هو بطاقة بريدية مدهشة. شكرا جزيلا لطفك. أنا أحب هذا بريدية كثيرا. آمل يوما ما أستطيع السفر إلى البتراء مباشرة.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar