Sabtu, 28 Juni 2014

[Tuvalu] Coconut Trees



Tuvalu sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice yakni negara kepulauan Polinesia yang terletak di Samudra Pasifik, di tengah-tengah antara Hawaii dan Australia. Pulau ini terdiri dari tiga pulau karang dan enam atol. Tuvalu adalah negara berdaulat ketiga paling padat penduduknya di dunia, dengan hanya Vatikan dan Nauru memiliki penduduk lebih sedikit. 

Penduduk pertama Tuvalu adalah Polinesia. Pada 1568 Spanyol navigator Álvaro de Mendana adalah orang Eropa pertama yang berlayar di seluruh nusantara, penampakan pulau Nui selama ekspedisinya mencari Terra Australis. Pada tahun 1819 pulau Funafuti bernama Pulau Ellice itu; nama Ellice diterapkan untuk semua sembilan pulau setelah pekerjaan hidrograf Inggris Alexander George Findlay (1812-1876).

Referendum diselenggarakan pada bulan Desember 1974 untuk menentukan apakah Kepulauan Gilbert dan Kepulauan Ellice harus masing-masing memiliki pemerintahan sendiri. Sebagai konsekuensi dari referendum, Gilbert dan Ellice Kepulauan koloni lagi ada pada tanggal 1 Januari 1976 dan British terpisah koloni Kiribati dan Tuvalu muncul. Tuvalu menjadi sepenuhnya independen dalam Persemakmuran pada tanggal 1 Oktober 1978. pada 17 September 2000 Tuvalu menjadi anggota 189 Perserikatan Bangsa-Bangsa. Mari kita intip Tuvalu :)


Asal-usul rakyat Tuvalu dibahas dalam teori tentang migrasi ke Pasifik yang dimulai sekitar 3000 tahun yang lalu. Selama masa pra-Eropa-kontak ada sering kano voyaging antara pulau-pulau dekat termasuk Tonga dan Samoa.Delapan dari sembilan pulau Tuvalu yang dihuni. Tuvalu sendiri berarti "delapan berdiri bersama" di Tuvalu. Kemungkinan bukti api di Gua Nanumanga dapat menunjukkan pendudukan manusia selama ribuan tahun. 

Sebuah mitos penciptaan penting dari kepulauan Tuvalu adalah kisah Eel dan Flounder, Flounder mengingatkan Tuvaluans dari atol datar. Cerita-cerita mengenai nenek moyang Tuvaluans bervariasi dari pulau ke pulau. Pada Niutao, dan Funafuti Vaitupu nenek moyang pendiri digambarkan sebagai dari Samoa, sedangkan pada Nanumea nenek moyang pendiri digambarkan sebagai dari Tonga.

Prangkonya memperlihatkan Acropora aculeus yang merupakan spesies karang acroporid ditemukan di seluruh Samudera Hindia, pusat Indo-Pasifik, Australia, Asia Tenggara, Jepang dan Laut Cina Timur. Karang ini juga terdapat di barat Samudera Pasifik. Hal ini sangat rentan terhadap pemutihan karang, penyakit, dan mahkota-of-duri starfish predasi. Hal ini juga dipanen untuk akuarium. Maretta, thank you so much for this postcrd. Tuvalu very beautiful. Hope someday can visit your hometown :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar