Kamis, 05 Juni 2014

[Timor Leste] Beautiful Dili City



Timor Leste (dulu dikenal sebagai Timor Timur, salah satu provinsi di Indonesia) adalah sebuah negara yang secara resmi bernama Republik Demokratik Timor Leste yakni sebuah negara di Asia Tenggara. Negara ini terdiri dari bagian timur pulau Timor, pulau-pulau terdekat adalah pulau Atauro dan Jaco. Walaupun sudah menjadi negara yang berdiri sendiri, ibukota negara ini masih sama dengan ibukota provinsi dulu ketika masih menjadi bagian dari Indonesia. Yaitu Dili

Timor Timur dijajah oleh Portugal di abad ke-16 dan dikenal sebagai Timor Portugis sampai dekolonisasi negara Portugal. Pada akhir 1975, Timor Timur mendeklarasikan kemerdekaannya tetapi kemudian tahun itu diserbu dan diduduki oleh Indonesia dan dinyatakan sebagai provinsi ke-27 Indonesia pada tahun berikutnya. Pada tahun 1999, menyusul tindakan yang disponsori PBB, Timor Timur mencoba menentukan nasib sendiri hingga kemudian Indonesia melepaskan kontrol wilayah dan Timor Timur menjadi negara berdaulat pertama di abad ke-21. Hal tersebut tepatnya terjadi pada tanggal 20 Mei 2002.


Seperti yang terlihat di kartu pos bahwa Timor Leste memiliki alam yang sangat indah. Nah video di atas mencoba mengulik lebih dalam isi bawah laut Timor Leste. Oh ya, prangkonya memperlihatkan Carlos Filipe Ximenes Belo (lahir 3 Februari 1948) yang merupakan uskup Katolik Roma di Timor Leste. Seiring dengan José Ramos-Horta, ia menerima Hadiah Perdamaian Nobel 1996 karena diyakini sebagai sosok yang berjasa besar dalam menciptakan solusi damai untuk konflik yang terjadi di Timor Timur. Beruntung sekali saya bisa mendapatkan kartu pos ini. Monica, muito obrigado pela sua gentileza. Este é um cartão lindo :) tenha um bom dia em Timor Leste :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar