Kamis, 19 Juni 2014

[Sri Lanka] Gangaramaya Temple



Gangaramaya Temple adalah salah satu kuil yang paling penting di Kolombo, Sri Lanka dan menjadi perpaduan arsitektur modern dan esensi budaya yang apik. Arsitektur candi menunjukkan eklektik campuran Sri Lanka, Thailand, India, dan arsitektur Cina. Candi Budha ini mencakup beberapa bangunan megah dan terletak tidak jauh dari perairan tenang dari Danau Beira di sebidang tanah yang awalnya pertapaan kecil di sebidang tanah berawa.

Gangamaraya Temple memiliki fitur utama yakni sebuah Vihara (kuil), Cetiya (Pagada), Bodhitree, Vihara Mandiraya, Seema Malaka (aula pertemuan untuk para bhikkhu) dan Relic Chamber. Selain itu, museum, perpustakaan, ruang hunian, tiga bertingkat Pirivena, ruang pendidikan dan aula sedekah juga ada di kuil ini. Satu hal menarik dan menjadi paling penting bagi wisatawan adalah arsitektur Simamalaka Shrine, yang dibangun dengan sumbangan dari sponsor Muslim dengan desain Geoffrey Bawa.

Sejarah berdirinya kuil ini terjadi ketika Don Bastian (de Silva Jayasuriya Goonewardane, Mudaliyar), pedagang terkenal di abad ke-19 yang sedang mencari lahan yang cocok untuk dibangun sebuah kuil untuk Thero Matara Sri Dharmarama. Dia lantas membeli sepotong tanah milik tiga orang Moor, dan diisi dan siap tanah dengan biaya besar. Tanah berbatasan pada dua sisi oleh Moragoda Ela dan Pettigala Ela digunakan untuk membangun candi, yang kemudian bernama Padawthota Gangaramaya Viharaya.

Kini Gangaramaya berfungsi tidak hanya sebagai tempat ibadah Buddha namun juga merupakan pusat belajar. Candi ini terlibat dalam pekerjaan kesejahteraan Buddha termasuk rumah orang tua, sebuah sekolah kejuruan dan panti asuhan. Candi ini unik menarik dan toleran terhadap anggota jemaat dari berbagai agama yang berbeda. Sangat menarik :) Hasara, thank you so much for this nice card :) beautiful. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar