Kamis, 19 Juni 2014

[Thailand] Wat Pho



Wat Pho (Thai: วัด โพธิ์) adalah sebuah kuil Buddha di distrik Phra Nakhon, Bangkok, Thailand. Kuil ini terletak di distrik Rattanakosin berbatasan langsung dengan Grand Palace dan dikenal juga sebagai Temple of the Reclining Buddha, nama resminya adalah Wat Phra Chettuphon Wimon Mangkhlaram Ratchaworamahawihan. Candi ini juga dikenal sebagai tempat awal mula pijat tradisional Thailand mulai diperkenalkan.

Wat Pho dinamai sesuai dengan nama sebuah biara di India di mana Buddha diyakini telah hidup. Sebelum berdirinya candi, tempat ini merupakan pusat pendidikan untuk obat tradisional Thailand, dan patung-patung yang dibuat menunjukkan posisi yoga. Sebuah gambar Buddha besar dari Ayuthaya Wat Phra Si Sanphet dihancurkan oleh Burma pada tahun 1767. 

Berdekatan dengan candi utama dibangunlah sebuah rumah dimana Reclining Buddha berada. Terdapat sebuah taman kecil yang di tengah-tengahnya terdapat pohon bodhi yang diyakini telah disebarkan dari pohon asli di India di mana Buddha duduk sambil menunggu pencerahan. Candi ini dibuat sebagai restorasi sebuah kuil sebelumnya di situs yang sama, Wat Phodharam, dengan pekerjaan awal tahun 1788.

Candi ini dipulihkan dan diperluas pada masa pemerintahan Raja Rama III, dan dipulihkan kembali pada tahun 1982. Beruntung, saya sudah pernah mendatangi kuil atau candi ini. Daya tarik utamanya adalah keberadaan patung Buddha besar yang posisinya tengah berbaring. Suci, terima kasih atas kiriman kartu posnya ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar