Senin, 02 Juni 2014

[Egypt] Golden Mask of King Tutankhamun




Tutankhamun adalah firaun Mesir dari dinasti ke-18 (memerintah di tahun 1332 SM-1.323 SM dalam kronologi konvensional) selama periode sejarah Mesir dikenal sebagai Kerajaan Baru. Dia populer disebut sebagai Raja Tut. Nama aslinya, Tutankhaten, berarti "Living Image of Aten" sedangkan Tutankhamun berarti "Living Image of Amun". Dalam hieroglif, nama Tutankhamun itu biasanya ditulis Amen-tut-ankh karena kebiasaan penulisan yang menempatkan nama ilahi pada awal frase untuk menunjukkan rasa hormat yang tepat.

Di tahun 1922 sebuah penemuan oleh Howard Carter dan George Herbert berhasil menemukan makam Tutankhamun dengan kondisi relatif utuh dan seketika menerima liputan pers dari seluruh dunia. Ini memicu kepentingan publik baru di Mesir kuno yang pemakaman topeng Tutankhamun sekarang tersimpan di Museum Kairo. Pameran artefak dari makamnya telah melakukan tur dunia.

Pada bulan Februari 2010 , hasil tes DNA mengukuhkan bahwa dia adalah anak dari Akhenaten (mumi KV55) dan adik dan istri Akhenaten  (mummy KV35YL), yang namanya tidak diketahui, tetapi yang tetap secara positif diidentifikasi sebagai "The Younger Lady" mumi ditemukan di KV35. Melihat kartu pos ini saya jadi ingat beberapa film yang memperlihatkan mumi :) Mbak Restu, terima kasih banyak atas kiriman kartu posnya ya. Super istimewa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar