Senin, 09 Juni 2014

[Vatican] Stato Della Città del Vaticano



Vatican City State atau Negara Kota Vatikan adalah sebuah kota-negara berdaulat yang wilayahnya terdiri dari bangunan yang dikelilingi dinding enclave di dalam kota Roma. Vatican hanya memiliki luas sekitar 44 hektar dan jumlah penduduk sekitar 840 orang saja. Dikarenakan beberapa hal itulah yang kemudian menjadikan Vatican City State sebagai negara terkecil yang diakui secara internasional sebagai negara merdeka di dunia.

Vatikan adalah gerejawi atau negara sacerdotal-monarki yang diperintah oleh Paus sebagai Uskup Roma. Para pejabat negara tertinggi semua rohaniwan Katolik dari berbagai asal-usul nasional. Ini adalah wilayah kedaulatan Tahta Suci (Latin: Sancta Sedes) dan lokasi kediaman resmi Paus, disebut sebagai Istana Apostolik. Paus umumnya tinggal di daerah yang pada tahun 1929 menjadi Vatican City sejak kembali dari Avignon pada tahun 1377, tetapi juga pada waktu tinggal di Istana Quirinal di Roma dan di tempat lain.



Vatican City State didirikan pada tahun 1929 oleh Lateran Treaty, ditandatangani oleh Kardinal Sekretaris Negara Pietro Gasparri, atas nama Paus Pius XI dan oleh Perdana Menteri Benito Mussolini atas nama Raja Victor Emmanuel III dari Italia. Perjanjian itu berbicara tentang Vatican sebagai negara baru bukan sebagai sisa-sisa dari Negara Kepausan yang jauh lebih besar (756-1870) yang sebelumnya telah mencakup sebagian besar Italia tengah. Vatican City berbeda dari Tahta Suci yang kembali ke masa Kekristenan awal dan merupakan episkopal utama dengan 1,2 miliar penganut Katolik Latin dan Timur di seluruh dunia.

Di kota, ada situs budaya seperti Basilika Santo Petrus, Kapel Sistina dan Museum Vatikan. Mereka menampilkan beberapa lukisan dan patung paling terkenal di dunia. Apa pendapatan utama dari negara sekecil ini? uniknya, pergerakan ekonomi di Vatican City mendapatkan 'dukungan' secara finansial oleh penjualan prangko dan pernak-pernik/merchandise oleh-oleh, biaya masuk ke museum, dan penjualan publikasi.

Ini dia negara terkecil di dunia yang sering saya saksikan di beberapa film terkenal dunia. Diantaranya film adaptasi novel karya Dan Brown. Kartu pos pertama dikirimkan oleh Nimfa sedangkan kartu pos kedua dikirimkan oleh mbak Irawati melalui Jerman. Suka kedua-duanya! Kedua kartu pos ini saling melengkapi karena mengambil dua sudut pandang yang berbeda. Beruntung sekali saya bisa mendapatkan kedua kartu pos ini :) Nimfa & mbak Ira, thank you very much for these are beautiful postcards. I love both of them :) I hope someday I can visit Vatican directly ^_^ 

2 komentar:

  1. Syukurlah kalau sudah diterima.. Khawatir ngilang di jalan. :) ira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kartu pos yang kukirim juga segera sampai ya mbak :)

      Hapus