Senin, 27 Januari 2014

[Algeria] Annaba City



Di dalam Al-Quran, ada satu surat yang bernama An-Naba yang berarti Berita Besar. Saya tidak yakin apakah ada kaitannya surat An-Naba dengan kota Annaba yang berada di Algeria. Sebuah negara yang oleh penduduk Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Aljazair. Annaba adalah kota yang berada di sudut timur laut Aljazair yakni di dekat Sungai Seybouse. Merupakan kota terbesar ke-4 di Aljazair yang merupakan pusat industri. Sebagian besar penduduk menyebut kota ini dengan sebutan Balad Al-Unnab atau koa Jujubes.

Annaba adalah kota pesisir yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Terdapat area metropolitan dengan kepadatan penduduk lebih tinggi dari kota pantai Aljazair lainnya seperti kota Oran dan kota Algiers yang merupakan ibukota Aljazair. Di kota ini pula bukti keberadaan hominid di Ain el Hanech sekitar 200 ribu tahun SM. Ini termasuk artefak yang memperlihatkan keahlian pembuatan yang luar biasa.

Menurut beberapa sumber, prasejarah di Aljazair adalah situs pengembangan paling maju terhadap teknik serpihan, alat yang digunakan di Zaman Batu (Paleolitik Tengah.) Koya yang disebut Hippo Regius selama zaman Romawi ini dulunya pusat awal kekristenan baray dan merupakan tempat sinode Kristen salah satunya sentral dalam mengakanonisasi kitab Perjanjian Baru. Agustinus dari Hippo (Annaba) adalah uskup dari tahun 396 s.d kematiannya di tahun 430. Kota ini sempat hancur di abad ke-5 dikarenakan aksi vandalisme.

Sekarang, Annaba sudah bertransformasi menjadi kota pariwisata utama di Mediterenia Barat. Potensi wisata di Annaba sangat besar. Terdapat gunung, wisata bahari dan pantai serta wisata religi di kota ini. Annaba juga dikenal sebagai Green Main Street yang berarti memiliki kehidupan sosial yang aktif di malam hari. Kebanyakan turis berasal dari Italia dan Perancis.

Saya juga suka prangko yang ada di kartu pos ini. Memperluhatkan kereta gantung yang tengah menyeberangi dua bukit. Keren sekali! sayang saya tidak tahu dimana lokasi kereta gantung itu. Beruntung sekali saya dapat dikirimi kartu pos ini dari Khaled, seorang postcrosser baik hati yang tinggal di Algeria alias Aljazair. شكرا جزيلا لطفك :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar