Jumat, 24 Januari 2014

[Bahrain] The Qal'at al-Bahrain



Bahrain Fort atau Benteng Bahrain (Qal'at Al-Bahrain) adalah sebuah situs arkeologi yang terletak di kota Manama, Bahrain. Penggalian akan situs arkeologi ini sudah dilakukan sejak tahun 1954 dan di tempat ini banyak sekali ditemukan gundukan barang antik dengan tujuh laposan bertingkat (lebih dari 12 meter) dan diyakini sebagai peninggalan benda bersejarah dari tahun 2300 SM sampai abad ke-18.

Penemuan situs arkeologi inilah yang berhasil mengungkapkan banyak tentang sejarah Bahrain. Diduga, daerah ini sudah dihuni sekitar 5000 tahun yang lalu dan banyak mengandung tembaga dan perunggu. Benteng ini pertama kali dibanggun sekitar 3000 tahun lalu sekaligus merupakan ibukota peradaban Dilmun. Menurut kisah Epic of Gilgamesh, tempat ini berarti Tanah Keabadian. Merupakan tempat leluhur bangsa Sumaria dan titik pertemuan para dewa.

Inilah situs paling penting zaman kuno yang terdapat di Bahrain. Penggalian pertama situs ini dilakukan oleh sebuah ekspedisi Denmark antara tahun 1954 hingga 1972. Kemudian dilanjutkan oleh ekspedisi Perancis di tahun 1677. Berbagai artefak logam ditemukan di tempat ini. Seperti cawan yang dulunya digunakan untuk peleburan logam (hingga dibuat pot, panci dan berbagai macam peralatan masak lainnya) yang dulunya diperdagangkan di negara-negara sekitar Bahrain seperti Oman dan Mesopotamia.

Karena fakta sejarah yang kental inilah, sejak tahun 2005 Bahrain Ford dilindungi oleh UNESCO dan ditetapkan sebagai salah satu warisan situs dunia yang harus dilindungi. Oh ya, kartu pos ini adalah salah satu kartu pos yang dikirimkan Edwin dalam rangkaian pertukaran kartu pos. Edwin menggunakan prangko charity edition di setiap kartu pos namun di amplop, Edwin menggunakan prangko bergambar Raja Hamad bin Isa bin Salman Al Khalifa.

Raja Hamad lahir pada tanggal 28 Januari 1950 dan merupakan Raja Bahrain sejak tahun 2002. Raja yang memiliki empat istri ini meneruskan jabatan ayahnya -Isa bin Salman Al Khalifa karena negara ini telah menjalankan dinasti Al-Khalifa sejak tahun 1783. Edwin, terima kasih banyak atas kartu pos yang sudah kamu kirimkan :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar